Beranda Kepri Jaga Ketahanan Pangan, Rahma Minta Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Bertani

Jaga Ketahanan Pangan, Rahma Minta Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Bertani

0
Walikota Rahma Tegaskan Bertani Tidak Perlu di lahan Luas

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang- Sebagai salah satu langkah untuk menjaga ketahanan pangan dan memanfaatkan lahan yang terbatas di wilayah perkotaan serta padat penduduk.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP memberikan apresiasi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sirih Merah yang berada di Kelurahan Kampung Baru. Dalam kesempatan itu juga dilakukan panen jagung, singkong dan ubi jalar oleh Walikota di lahan yang berada di Jalan Cempedak Gang Manggis, Minggu (28/11).

Rahma mengatakan bahwa lahan yang ada di Kota Tanjungpinang ini terbatas dan kebutuhan sayuran sangat besar terlebih dari proses penanaman baik yang secara langsung di lahan yang ada atau secara hidroponik.

Ia juga mengapresiasi atas inisiatif dan kerja sama dari KWT Sirih Merah dan komponen masyarakat sekitar dengan kompak.

“Dengan keterbatasan lahan, atas kerjasama dan kekompakan antara KWT, RT, RW dan warga setempat mampu memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan kebun jagung dan beberapa tanaman lainnya, sehingga bilamana panen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sehingga tidak perlu membeli jauh-jauh lagi, cukup di area rumahnya saja,” ujar Rahma.

Ia juga berharap pengelolaan lahan kosong dengan baik dan benar dapat berperan besar dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang saat masa pandemi Covid-19. Rahma semakin bangga dengan para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Pasalnya para petani ini merupakan gabungan kaum perempuan yang mampu menggeliatkan perekonomian keluarga dengan tambahan menjual hasil tani dan produk-produk yang berasal dari UMKM setempat.

“Semoga rezeki hari ini bisa membawa keberkahan dan manfaat untuk keluarga, saya ingin kaum perempuan mampu berdiri tegak dan tegas dalam setiap sektor apapun, tidak hanya berpangku tangan dan harus menjadi penopang perekonomian keluarga dengan segenap usaha yang dimiliki,” ujar Rahma.

Turut hadir Camat Tanjungpinang Barat, Hj. Yenni Haryantie, S.Sos, Lurah Kampung Baru, Rohmanta, S.Sos, perwakilan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, RT dan RW setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here