Beranda Tanjungpinang Kongres Perempuan Hebat, Rahma: Perempuan Harus Tangguh

Kongres Perempuan Hebat, Rahma: Perempuan Harus Tangguh

0
Kongres Perempuan Hebat Tanjungpinang di Gedung Asrama Haji, Rabu (21/12/2022)/f-prokopim-tpi

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang Rahma menutup Kongres Perempuan Hebat yang pertama kali digelar dengan menyimpulkan beberapa rekomendasi di Gedung Asrama Haji, Rabu (21/12/2022).

Rahma menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi dari kaum perempuan mengikuti kongres.

“Saya sangat bangga kaum perempuan semangat dan antusias mengikuti kongres hingga selesai. Perempuan harus tangguh,” ucap Rahma.

Selain bangga, Rahma juga mengucapkan, terima kasih partisipasi semua pihak dapat merumuskan sebuah tujuan agar kaum perempuan mampu menjadi mandiri dan tangguh.

Dalam Kongres Perempuan tercetus 45 rekomendasi, 19 rekomendasi bidang politik, 11 rekomendasi bidang ekonomi dan 15 rekomendasi bidang pendidikan dan keluarga.

Sebagian besar dari rekomendasi yang dicetuskan tersebut telah terealisasi oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Salah satunya keterwakilan kaum perempuan di parlemen telah memenuhi 30% dengan jumlah 11 orang dari 30 orang anggota DPRD Tanjungpinang.

“Yang artinya keterwakilan perempuan di legislatif telah terpenuhi,” tukasnya.

Saat ini, sambung Rahma, untuk di lingkungan pemerintahan terdapat 4 orang perempuan dengan jabatan kepala dinas dari 34 OPD.

“Meskipun ini belum terpenuhi, dalam rekomendasi kongres diharapkan 30 persen keterwakilan kaum perempuan menduduki jabatan kepala dinas,” jelasnya.

Sementara itu, Rahma mengajak seluruh peserta bersinergi, berkolaborasi dan bergandeng tangan menjadi perempuan yang tangguh dan mandiri.

Perempuan harus memahami kodratnya, tetapi juga mampu menjadi perempuan yang memiliki aktifitas yang bermanfaat, menunjang perekonomian keluarga, menjadi perempuan berkarya dan memiliki kapabilitas tinggi.

“Semoga hasil kongres ini menjadi catatan penting untuk kita jadikan pedoman bahwa kaum perempuan perlu diberikan tempat, peluang dan kesempatan menduduki beberapa jabatan strategis,” cetusnya.

Tentunya, lanjutnya, melalui kegiatan ini akan menjadi sejarah bahwa kita semua kaum perempuan Kota telah melaksanakan kesepakatan untuk berazam menjadi perempuan yang hebat dan tangguh.

Kongres tersebut, katanya, juga melahirkan beberapa rekomendasi baru yang menjadi fokus isu strategis baik di pemerintahan maupun di legislatif sebagai bentuk harapan keterwakilan perempuan dalam posisi-posisi tertentu.

Diantara rekomendasi baru di bidang politik, perlunya dilakukan workshop politik perempuan guna meningkatkan kepercayaan diri perempuan untuk mau serius berpolitik.

Kemudian, disediakannya fasilitas dokumentasi dan publikasi kinerja wakil rakyat perempuan, diadakannya program kreatif dan asyik bagi perempuan pemilih pemula agar mau tahu dan tertarik pada politik.

Fasilitasi kesepakatan antara organisasi wanita dan partai politiik bahwa anggota dan simpatisan parpol bisa bergabung dan menjadi pengurus pada organisasi wanita.

Sedangkan rekomendasi baru di bidang ekonomi dan kewirausahaan antara lain, perlunyapelatihan pembentukan karakter wirausahawan perempuan.

Dibuatnya sentra limbah laut, kluster usaha yang mempunyai karakter kuat di setiap kelurahan serta pelatihan dan implementasi pengolahan limbah / sampah terpadu.

Untuk bidang pendidikan dan keluarga, rekomendasi baru yang dihasilkan antara lain, diadakannya sekolah menjadi orang tua, pesantren bagi lanjut usia.

Ruang ibadah ramah anak, penguatan pencegahan fenomena LGBT dan pornografi, adanya Perda Pencegahan Eksploitasi Anak dan didirikannya Pusat Kreativitas Remaja yang fokus pada anak putus sekolah dan anak dari keluarga kurang mampu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here