Beranda Opini Rahma Menyulap Yang Sederhana Menjadi Luar Biasa

Rahma Menyulap Yang Sederhana Menjadi Luar Biasa

0
Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM/f-feb

Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang tahun ini, menjadi sebuah peringatan berkesan bagi seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang.

Peringatan hari jadi Tanjungpinang setiap tanggal 6 Januari, tidak lagi menjadi sekadar acara seremonial yang semata dilaksanakan oleh pemerintah Kota Tanjungpinang.

Namun sejak di bawah kepemimpinan Hj. Rahma, S.IP, MM selaku walikota, dan meredanya wabah pandemi Covid 19, mulai tahun 2022 peringatan hari jadi Tanjungpinang menjadi lebih menarik dan atraktif.

Kemeriahan agenda tahunan peringatan hari jadi Tanjungpinang, semakin terlihat diserangkaian acara Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Januari 2023 lalu.

Masyarakat Tanjungpinang hadir dan mengikuti prosesi ziarah makam mulai dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, makam Daeng Celak, makam Daeng Marewah, Raja Haji Fisabilillah hingga ke komplek pemakaman Engku Puteri Raja Hamidah di Pulau Penyengat.

Momen di mana Pemerintah Kota Tanjungpinang memulai proses pengusulan Engku Puteri Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional.

Puncak kemeriahan peringatan hari jadi Tanjungpinang tahun ini terlihat pada hari terakhir rangkaian acara yang digelar Pemko Tanjungpinang.

Sejak Sabtu (7/1) pagi, lapangan Pamedan A Yani terlihat tak mampu membendung antusias masyarakat Tanjungpinang mengikuti senam pagi, pertunjukan 1000 kompang, tampilan senam kreasi TNI AU, dan menyaksikan pertunjukan kesenian tradisi yang tumbuh berdampingan dengan seni tradisi masyarakat Melayu Kota Tanjungpinang.

Tidak ada artis dangdut, pop, atau rock didatangkan dari ibukota.

Namun penampilan seni tradisi daerah Sumatera, Kepulauan Riau, Jawa, Sunda, hingga ke bagian Timur Indonesia yang dibawakan oleh 37 paguyuban masyarakat di Tanjungpinang pada Sabtu (7/1) malam menjadikan taman kota Pamedan A Yani berubah menjadi lautan manusia.

Ribuan masyarakat Tanjungpinang tumpah ruah di lapangan Pamedan A Yani.

Ternyata pertunjukan kesenian tradisional mampu mengalahkan Trio Macan dan sejenisnya. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM mampu menyulap acara sederhana menjadi sesuatu yang luar biasa.

Tidak hanya mampu memobilisasi dan mengumpulkan masyarakat, Hj. Rahma, S.IP, MM juga mampu menjadikan serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang tahun 2023 menjadi suatu berkah yang luar biasa bagi pelaku IKM dan UMKM di Tanjungpinang.

Pemilik usaha pempek kentang yang ikut mengikuti bazar di Pamedan, contohnya, mengaku mendapat omset sekitar Rp 3 juta selama 2 hari.

Hingga ia berharap ke depan Walikota Tanjungpinang bisa melaksanakan bazar mngkin sampai 5 hari.

Secara keseluruhan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang mencatat pelaksanaan bazar selama 2 hari di Pamedan mampu menghasilkan total Rp 183 juta.

Angka itu belum termasuk peningkatan omset yang tentunya juga dialami oleh pedagang kaki lima yang ikut berjualan di sekitar Pamedan A Yani. Hj. Rahma, S.IP selalu konsentrasi pada pengembangan usaha kecil dan menengah di Tanjungpinang.

Dengan cara yang sederhana, Rahma membuat orang-orang kecil menjadi istimewa dan luar biasa.

Penulis : Teguh S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here