Beranda Kepri Kadisdik Kepri: Maksimalkan Aktivitas Belajar Siswa di Rumah Dengan Pola Hidup Sehat

Kadisdik Kepri: Maksimalkan Aktivitas Belajar Siswa di Rumah Dengan Pola Hidup Sehat

47
0

Delta Kepri –Situasi darurat Virus Covid-19, serantak kegiatan belajar siswa di sekolah ditiadakan sementara yang diberlakukan secara nasional terus diperpanjangan, diharapkan aktivitas belajar siswa di rumah tetap terjaga dan terisi dengan serangkaian sistim/metode belajar siswa yang berkualitas, baik itu secara online atau manual. Hal dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Dr Dali kepada Kepri News, Selasa (31/03/2020) di ruang kerjanya.

Dali berharap, dalam hal ini peran orang tua sangat menentukan aktivitas belajar anak. Dimana orang tua harus berperan menjadi guru utama masa belajar anak selama di rumah. Memaksimalkan penggunaan teknologi mendukung sistem belajar mengajar secara online sebagai pengganti selama libur.

Baca Juga :   Pemprov dan Ombudsman Kepri Teken MoU SP4N

Aktivitas dan tugas pembelajaran di rumah secara daring atau jarak jauh, ini dilakukan dengan menyesuaikan minat dan kondisi peserta didik. Termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah apabila ada tugas yang berlangsung secara online.

“Para guru harus menyesuaikan dengan akses dan fasilitas belajar siswa di rumah, sebab tidak semua siswa memiliki HP android. Jadi proses belajar jarak jauh guru harus aktif untuk memastikan fasilitas belajar siswa, agar semua pembelajaran seacara online itu diikuti siswa dengan baik dan merata,” harapnya.

Para guru diminta bijaksana pada pelaksanaan belajar, baik itu sistim online atau manual, jangan memberatkan, membebani siswa dan orang tuamya. Jadilah pribadi yang menyenangkan, melatih kemandirian, tidak menimbulkan kecemasan/kepanikan, serta tidak memberatkan peserta didik pada keseharian mereka untuk belajar.

Untuk siswa, agar tetap memiliki semangat belajar yang tinggi, lakukan kebiasaan sekolah di rumah. Walaupun berada di rumah, alangkah baiknya siswa tetap melakukan kebiasaan yang selalu diterapkan saat bersekolah. Contoh sederhananya, kebiasaan bangun jam 6 pagi, mandi dan sarapan. Setelah itu, lakukan lah kegiatan belajar hingga waktu istirahat tiba. Metode ini merupakan tips agar anak tetap disiplin meskipun ada di rumah.

Baca Juga :   Halal bi Halal, Dandim 0315: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

“Meningkatkan aktitas belajar di rumah dengan pola hidup sehat, Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang sehat adalah hasil pembiasaan perilaku hidup bersih, hidup sehat,” tutup Dr Dali. (dk/kn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here