Beranda Tanjungpinang Cegah Anemia, Pemko Tanjungpinang Bagikan Tablet Penambah Darah

Cegah Anemia, Pemko Tanjungpinang Bagikan Tablet Penambah Darah

0

Delta KepriĀ – Dinas Kesehatan (Dinkes-red) Kota Tanjungpinang melaksanakan program pemberian tablet tambah darah kepada seluruh remaja putri Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se – Kota Tanjungpinang.

Menurut Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam, kegiatan tersebut merupakan sebuah implementasi dari peraturan Menteri Kesehatan nomor 88 tahun 2014, tentang standar tablet tambah darah bagi wanita usia subur dan ibu hamil. Dan sudah tertera pada surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.03.03/V/0595/2016, tentang pemberian tablet tambah darah.

“Latar belakangnya Kegiatan ini adalah berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 yang ditemukannya prevalensi anemia pada ibu hamil sekitar 37,1%. Hal tersebut akan berdampak lanjut dari tingginya prevalensi anemia pada remaja putri hingga sekitar 25%. Dan keadaan ini merupakan akibat dari asupan zat besi pada makanan yang baru memenuhi sekitar 40%,” ungkap Rustam, Senin (5/8).

Masih menurut Rustam, Kegiatan ini bertujuan meningkatkan status gizi agar mencegah terkena anemia. Dan menciptakan generasi yang sehat serta berkualitas.

“Sebanyak 10.001 remaja putri rutin minum satu tablet tambah darah. Untuk setiap seminggu sekali yang dimulai pada hari senin tadi. Dan pemberian tambah darah tersebut adalah meningkatkan status gizi remaja putri sehingga dapat memutuskan mata rantai terjadinya stunting (pendek), mencegah anemia, meningkatkan kebugaran tubuh dan daya konsentrasi belajar, serta meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal dalam mempersiapkan generasi yang sehat dan berkualitas,” ucapnya. (Oppy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here