Beranda Anambas Peringatan HAB Ke 77, Jaga Kerukunan Antar Umat Agama di Tahun Politik

Peringatan HAB Ke 77, Jaga Kerukunan Antar Umat Agama di Tahun Politik

0
Foto bersama usai upacara Hari Amal Bakti ke 77 Tahun di Kantor Kemenag Anambas, Selasa (3/1/2023).

Deltakepri.co.id|Anambas – Kementerian Agama secara serentak melaksanakan kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 tahun, tidak luput Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Anambas juga melaksanakan kegiatan tersebut, tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama, Selasa (3/1/2023).

Dalam pidato Kepala Kantor Kemenag Anambas, Dr. Erizal,SH,MH menyampaikan, sebagai generasi penerus Kementerian agama apakah sudah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama. Dalam momentum HAB ke 77 ini dirinya mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

“Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” ucap Dr. Erizal selaku Kepala Kemenag Anambas, Selasa (3/1/2023).

Dirinya menyampaikan, secara keseluruhan tagline kerukunan umat indonesia hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis.

“Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai. Di tahun politik ini, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi,” kata dia.

Lanjutnya, penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai.

“Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial. Saya minta tidak ada ASN Kementerian agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi ditengah keragaman pilihan. Kami akan menjadi simbol kerukunan,” tuturnya.

Pihaknya juga akan memberikan santunan kepada yang berhak menerima. Selain itu juga dirinya akan menyurati kepada seluruh rumah ibadah dalam himbauan terkait tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan antar umat agama dalam tahun politik mendatang.

“Semua tempat ibadah akan kami surati dalam mengajak tetap menjaga kerukunan antar umat beragama,” terangnya.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here