Beranda Opini Demi Hilangnya Covid-19

Demi Hilangnya Covid-19

453
0
Bupati Lingga, TNI-Polri saat menyambangi Kelurahan Pancur dalam rangka penanggulangan Covid-19, Ft: (ist)

DELTAKEPRI.CO.ID – Virus corona jenis varian baru Covid-19 belum juga berhenti menebar ancaman dan ketakutan. Dunia, termasuk Indonesia, dituntut meningkatkan kewaspadaan sekaligus mengelola situasi agar tak menjurus kepanikan.

Meski penyebaran corona terus mengalami peningkatan yang singnifikan dan vaksin di impor secara besar-besaran, jumlah yang terpapar virus menular itu belum juga berkurang dan malahan bertambah.

Dalam situasi seperti itu, wajar, jika setiap daerah membuat beragam kebijakan ekstrem untuk menangkal penyebaran virus korona ke wilayah mereka dengan aturan-aturan yang mendesak.

Baca Juga :   Meriahnya Turnamen Gasing di Lingga

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, menjadi opsi yang dipilih untuk dijadikan kebijakan dalam menangani pandemi Covid-19.

Langkah itu pula setelah diumumkan harus diikuti oleh pemerintahan di daerah, tujuannya agar dapat mengendalikan, menghentikan, dan menghilangkan virus corona.

Memang, langkah tersebut amat terkesan mendadak. Keputusan serta-merta dianggap tidak berpihak kepada seluruh pelaku usaha kecil baik menengah.

Juga, tidak sedikit dari mereka yang mengeluh. Kebijakan dinilai menambah berat beban para pelaku usaha lantaran hilangnya pemasukan.

Namun, sekali lagi, meski berat, kita harus menghargai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk memproteksi penyebaran virus corona.

Baca Juga :   Pemerintah pastikan kebutuhan BBM di Lingga terpenuhi

Menangkal virus corona bukan cuma menjadi tugas pemerintah pusat dan daerah, seluruh elemen lapisan masyarakat juga punya kewajiban yang sama yang tak boleh ditawar-tawar.

Pemerintah, seperti halnya kita, tak ingin membiarkan covid-19 merajalela, sebab jika semakin tinggi kasus yang terpapar, perlu upaya dan tindakan luar biasa agar tidak menyebar.

Yang tak kalah penting, kita harus terus memberikan pemahaman kepada masyarakat disekitar dan tentangga mengenai cara mencegah agar tidak tertular virus tersebut.

Disini pula lah peran masyarakat yang dinilai tak kalah vital. Mesti terdengar klise, membiasakan hidup sehat ialah cara paling ampuh untuk membentengi bangsa ini dari serangan corona. Sekali lagi kita boleh panik dan paranoid, tetapi juga wajib ekstra waspada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here