Beranda HuKrim Mantan Kades Tinjul Kabupaten Lingga Jadi DPO Kejaksaan

Mantan Kades Tinjul Kabupaten Lingga Jadi DPO Kejaksaan

0
Mantan Kades Tinjul Kecamatan Singkep Barat Rustam Efendi Dalma Kabupaten Lingga jadi DPO Kejari Lingga, Jumat (23/12/2022)/f-yul

Deltakepri.co.id|Lingga – Kejaksaan Negeri Lingga keluarkan maklumat 1 orang tersangka yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), Jum’at (23/12/2022).

Penetapan DPO dibuat usai ditetapkannya mantan kepala desa (Kades) Tinjul Kecamatan Singkep Barat Rustam Efendi Dalma Kabupaten Lingga itu sebagai tersangka.

Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Lingga, Ade Chandra mengatakan yang bersangkutan ditetapkan tersangka 5 Desember 2022 lalu. Namun saat dilakukan pemanggilan dia tidak kooperatif.

“Kita sudah lakukan pemanggilan sebanyak 3 kali dan tidak pernah diindahkan sehingga kita masukan dalam DPO,” jelas Ade.

Ade menyebutkan, sebelum dilakukan penanganan perkara oleh Kejari Lingga sudah ditangani lebih dulu APIP. Tetapi tidak memenuhi panggilan Inspektorat Lingga.

“Sebelum ke kejaksaan, APIP yang menangani perkara. Dia tetap tidak hadir sehingga diserahkan ke penegak hukum yakni Kejari,” terangnya.

Pencarian mantan kades itu telah disampaikan ke Kejaksaan Tinggi Kepri dan akan dilanjutkan ke Kejaksan Agung.

“Kita sudah meneruskan dari Kejari Lingga ke Kejati Kepri nantinya Kejati Kepri akan meneruskan lagi ke Kejagung,” ungkapnya.

Selain diteruskannya pencarian, kata Ade, dari pelacakan diketahui, yang bersangkutan berada di Jakarta Timur (Jaktim).

Sebagaimana diketahui, Mantan Kades Tinjul terjerat dugaan korupsi APBDes tahun 2019 Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga dengan total kerugian negara Rp274 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here