Beranda Bintan Panen Sorgum, Ansar Punya Harapan Kepri Tak Tergantung Provinsi Lain Lagi

Panen Sorgum, Ansar Punya Harapan Kepri Tak Tergantung Provinsi Lain Lagi

0
Ansar Ahmad paanen Sorgum yang dikelola warga Bukit Indah Kecamatan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan, Senin (26/12/2022)/f-yul

Deltakepri.co.id|Bintan – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad memanen Sorgum yang dikelola warga Bukit Indah Kecamatan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan, Senin (26/12/2022).

Panen tersebut sekaligus pemberian bantuan berupa alat traktor dan pupuk yang dapat digunakan warga dalam pengelolaan Sorgum

Ansar mengatakan, dengan berbagai bantuan alat-alat pertanian, perikanan, bibit dan pupuk diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

“Harapan kita nanti produksi beberapa jenis pertanian meningkat dan ketersediaannya bisa membantu mengurangi ketergantungan kita dengan provinsi-provinsi lain,” kata Ansar.

Menurutnya, pemberian ini tidak sebatas menyerahkan, tapi dinas pertanian provinsi, kabupaten kota harus berkolaborasi dalam bekerja.

“Dalam rapat nanti membahas menganalisis kira-kira hasil yang ingin kita capai berapa besarnya kemudian juga beberapa komoditi yang bisa kita tutupi dengan produksi,” tukasnya.

Khusus di Kepri sendiri, sambung Ansar, pemerintah menjamin swasembada agar mendorong penghasilan pertanian seperti, cabe, bawang dan lainnya.

“Nanti kita tinggal bicara ke pengusaha peternak, karena kebutuhan telur masih kita butuhkan untuk mengendalikan harga sehari-hari banyak memproduksi macam-macam holtikultura,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Provinsi Kepri Rika menyebutkan, komoditi Sorgum ialah pengganti beras.

Dimulai budidaya sampai produksi, Dinas Pertanian Kepri sudah bekerja sama dengan IPB untuk produk-produk olahan.

“Jadi mereka diberikan semua pelatihan manajemen pemasarannya juga bisa menerapkan apa yang sudah dilakukan pembinaan,” kata Rika.

Lebih lanjut Rika mengukui bahwa saat harus banyak melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan penggunaannya. Misal, dari batang sampai ke lainnya itu semua bermanfaat untuk produksi.

“Bagaimana memperkenalkan kepada masyarakat terhadap komunitas karena manfaatnya Sorgum semuanya berguna hal itu juga dijelaskan oleh ahli IPB,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, tumbuhan Sorgum bermanfaat dari Tangkai, Daun hingga Biji Sorgum semuanya berguna untuk kesehatan manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here