Beranda Kepri kota Tanjungpinang Jadi Pilot Projek Central Jajanan Nusantara

kota Tanjungpinang Jadi Pilot Projek Central Jajanan Nusantara

0
kepala Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang Rustam (foto Agus Haryanto)

DELTAKEPRI,- Kemnkes Ri menunjuk kota Tanjungpinang sebagai pilot projek jajanan sehat nusantara bersama 15 kabupaten/kota yang terpilih se-Indonesia, Selasa (24/11).

Kepala Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang Rustam mengatakan Tanjungpinang merupakan kota pariwisata yang menawarkan jajanan makanan yang sehat bagi turis baik lokal maupun mancanegara.

Untuk mengimbangi pilot projek, sekitar 40 orang pedagang Akau potong lembu, dan 20 pedagang Melayu Square diberikan pembinaan pembekalan tentang gimana menjajahkan makanan yang sehat, cara mencuci piring/gelas yang kotor dengan cara membersihkan dengan air mengalir agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Baca Juga :   Jelang Debat, Soerya-Iman: Dengan Segala Kerendahan Hati Kami Mohon Doa Restu

Diakui Rustam, sejauh ini puluhan pedagang sudah diberikan pembinaan dan sisahnya akan menyusul, selain pedagang pola hidup sehat juga diberikan Dinkes dengan membangun 10 unit tempat pencucian tangan sebelum makan, dan 2 tower tampungan air , dua tempat cucian piring pedagang di air mengalir agar mengerti pentingnya hidup sehat.

” Selain pembinaan nantinya 60 pedagang akan diberikan bantuan 1500 unit mangko,piring yang akan dibagikan kepada para pedagang, dengan tulisan sentral jajanan sehat kota Tanjungpinang,”terangnya.

Untuk para pedagang juga kedepan akan diperiksa kesehatanya agar penjual makananya sehat, yang membeli jajanan juga sehat, hal itu diimbangi dengan pemberian celemek maupun topi nantinya.

Baca Juga :   Warga Karimun Antusias Sambut Kedatangan Soerya Respationo di Pelabuhan

” Kami menghimbau para pedagang PKLyang ada di Tanjungpinang agar selalu mengutamakan menjual makanan sehat, menerapkan hidup sehat sebelum makan maupun sesudah makan dengan mencuci barang bekas masak dengan cara yang benar dan sehat,”ungkapnya.(Agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here