Beranda Anambas Ketua Pelaksana Harian GTPP Anambas Sebut ada Anak Berumur 6 Tahun Terpapar...

Ketua Pelaksana Harian GTPP Anambas Sebut ada Anak Berumur 6 Tahun Terpapar Covid-19

79
0

Delta Kepri – Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Sahtiar kembali merilis adanya penambahan delapan warga KKA yang terkonfirmasi COVID-19 dengan kasus 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24 dan 25, Minggu (21/11/2020).

“Kami sampaikan, dari temuan baru delapan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yakni; 1. Tuan (S) umur 40 tahun, jenis kelamin Laki-laki, alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 2. (MA) umur 6 tahun (masih anak-anak), alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 3. Tuan (NI) umur 33 tahun, alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 4. Tuan (R) umur 35 tahun, alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 5. Nyonya (AM) umur 75 tahun, alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 6. (AA) masih anak-anak, umur 6 tahun, alamat Desa Mubur, kecamatan Siantan Utara, 7. Nyonya (A) umur 40 tahun, alamat Desa Payaklaman, kecamatan Palmatak, 8. Tuan (S) umur 38 tahun, alamat Desa Tarempa Timur, kecamatan Siantan,” ujar Sahtiar.

Baca Juga :   Soerya Sang Doktor Pemegang Sabuk Hitam

Sahtiar menjelaskan, pasien terbaru ini diketahui merupakan kontak erat dengan pasien COVID-19 sebelumnya. Setelah itu dilakukan pemeriksaan metode reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) yang dilakukan di laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa.

”Setelah melakukan perjalanan luar daerah dan kembali pada tanggal 15/11/2020, nyonya (A) tidak mengalami gejala indikasi Covid, namun nyonya A terkonfirmasi positif COVID-19. sedang yang ke-7 kasus temuan baru lainnya merupakan kontak erat dengan pasien (12) dan (13),” jelasnya.

Lanjut Sahtiar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas terus melakukan tracing dalam penelusuran pada lingkungan untuk mencari orang yang kontak erat dengan tuan A dan AW merupakan pasien 12 dan 13.

Baca Juga :   Buat Iven Menarik Agar Turis Berdatangan

“Setelah ditemukan, maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT-PCR di laboratorium RSUD Tarempa. Nanti, setelah hasil swab keluar akan diumumkan,” imbuhnya.

Data sementara, secara keseluruhan hingga saat ini ada 25 kasus pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kemudian, GTPP COVID-19 KKA juga mencatat ada penambahan 5 pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, total pasien COVID-19 yang ada saat ini tersisa 20 orang.

Tim gugus tugas tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam masa adaptasi tatanan baru di masa pandemi COVID-19 ini. Masyarakat agar selalu melakukan protokol kesehatan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah dan di lingkungan kerja. Sehingga keluarga dan tempat kerja bisa dicegah bersama-sama.

Baca Juga :   Turut Serta Sekda Pada Pertemuan Kepala Bakamla RI Dengan Nelayan Natuna

“Diharapkan seluruh masyarakat, agar senantiasa memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin sehingga bisa mengatasi COVID-19 ini,” himbaunya. (U.S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here