Beranda Nusantara Usai Ikuti Rakornas, Rahma Bersyukur Tanjungpinang Masuk 10 Kota Inflasi Terendah se-Indonesia

Usai Ikuti Rakornas, Rahma Bersyukur Tanjungpinang Masuk 10 Kota Inflasi Terendah se-Indonesia

0
Wali Kota Tanjungpinang Rahma usai mengikuti langsung Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda yang dibuka Presiden Jokowi di SICC, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023)/f-feb

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang — Wali Kota Tanjungpinang Rahma hadir di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023 dengan tema pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Rakornas dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Sentul International Convention Centre (SICC), Jawa Barat, Selasa (17/01).

Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sehingga pandemi COVID-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan dikendalikan dengan baik. Stabilitas ekonomi bisa kita manage, dipertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Presiden.

Ditambahkannya, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras mendeteksi informasi-informasi data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai keliru membuat kebijakan,” terangnya.

“Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya.

Usai kegiatan, Rahma menyampaikan bahwa kegiatan rakornas diisi dengan diskusi panel dengan narasumber dari sejumlah menteri.

“Melalui panel tersebut untuk memberikan masukan dan arahan tentang langkah aplikatif yang harus dikerjakan khususnya di Pemerintah Kota Tanjungpinang,” ungkap Rahma.

Rahma menyebut harus ada upaya menghadapi berbagai kondisi, membangun sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru, pemberdayaan UMKM, dan ketahanan pangan.

Sesuai arahan Presiden, tahun 2023 harus waspada terhadap ujian ekonomi global yang akan berdampak hingga ke daerah.

“Untuk itu Pemko Tanjungpinang harus fokus menumbuhkan sentra ekonomi baru, pemberdayaan UMKM dan IKM, termasuk pengendalian inflasi di daerah,” tambahnya.

Rahma juga menyampaikan rasa syukur
kota Tanjungpinang termasuk daerah yang inflasinya di bawah nasional.

“Alhamdulillah Kota Tanjungpinang termasuk 10 kota di Indonesia dengan angka inflasi terendah,” ucapnya.

Tentunya capaian ini tidak terlepas dari kerja sama yang luar biasa dari Forkopimda serta seluruh tim TPID dalam rangka mengontrol harga, pengawasan ketersediaan kebutuhan pangan hingga operasi pasar.

“Atas capaian ini diperlukan kerjasama dan sinergi untuk mempertahankan capaian yang diperoleh untuk menghadapi kondisi di tahun 2023 ini,” pungkas Rahma.

Disampaikan bahwa pada kegiatan panel, Panel I membahas mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Panel II dengan bahasan penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan berusaha.

Panel III membahas mengenai penanganan COVID-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial. Panel IV dengan bahasan stabilitas politik, hukum, pengamanan, dan pengawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here