Example 728x250
Anambas

Sosialisasi Keuangan Digital, Bupati Anambas Paparkan Manfaat Infrastruktur BAKTI Kominfo

×

Sosialisasi Keuangan Digital, Bupati Anambas Paparkan Manfaat Infrastruktur BAKTI Kominfo

Sebarkan artikel ini

ANAMBAS, deltakepri.co.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, memaparkan sosialisasi, Pelatihan dan Uji Coba Keuangan Digital dan Aplikasi Digital Kesehatan di Gedung BPMS Tarempa, Selasa, (29/08/2023).

Haris mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman masyarakat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi serta pemanfaatan infrastruktur Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang telah dibangun di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menyimpan keuangan dan memudahkan masyarakat didalam bertransaksi,” kata Haris.

Haris menyebutkan, hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1559/2022 tentang penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik bidang kesehatan dan strategi transformasi digital kesehatan.

“Dengan program kesehatan digital ini, nantinya menyediakan solusi pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup berbasis teknologi digital dan diharapkan dengan ini masyarakat bisa mendapatkan bantuan secara cepat dan tepat oleh tenaga ahli kesehatan,”¬†jelasnya.

Dijelaskannya, percepatan implementasi program keuangan digital dan program kesehatan digital di Anambas, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan keuangan digital dengan perluasan penggunaan Qris dan sosialisasi ekosistem digital bidang kesehatan melalui platfrom telemedicine di Anambas.

“Diharapkan pelatihan dan uji coba aplikasi digital kesehatan ini dapat memberikan pemahaman kepada tenaga kesehatan dan masyarakat terkait penggunaan layanan telemedicine dan telekonsultasi yang dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh dari setiap fasilitas kesehatan di Anambas ini,” harapnya.

Kepala Divisi Layanan TI untuk Pemerintah dari BAKTI Kominfo, Latifah Hanum mengatakan, Kementerian Kominfo melalui Bakti akan berupaya melakukan pembangunan dan pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi.

“Bukan suatu hal yang tidak mungkin apabila ada penambahan infrastruktur telekomunikasi di Anambas, tapi kembali lagi memang kita berpegangan kepada pagu anggaran yang tersedia,” kata Latifah Hanum.

Untuk program-program ekositem digital, Latifah Hanum mengungkapkan bahwa sebenarnya program ini bukan hanya terbatas di kesehatan maupun keuangan digital saja.

“Kami mempunyai program-program meningkatkan pariwisata maupun perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas, tinggal nanti bagaimana kita berkordinasi dan mengkolaborasikannya dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menggandeng Startup Kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi SiapDok yang sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, untuk aplikasi ini sendiri dapat di download melalui Appstore dan Playstore.

“Jadi nanti yang akan melayani telekonsultasi maupun telemedicine dari masyarakat adalah dokter-dokter yang ada di RSCM Jakarta,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan adanya pelatihan, sosialisasi, literasi dan juga pengalaman dapat mengembangkan bidang kesehatan digital untuk Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada begitu juga dengan kegiatan keuangan digital.

“Saat ini Bank Indonesia terus menggalakkan bagaimana pemanfaatan dari Qris untuk bisa terus meningkatkan proses transaksi keuangan dan memudahkan bagi masyarakat dalam mengakses perbankan,” harapnya.

Disamping itu, Kegiatan yang diselenggarakan oleh BAKTI Kominfo bekerjasama dengan Bank Indonesia ini berlangsung selama dua hari, 29 Agustus 2023 hingga 30 Agustus 2023.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *