Beranda Lingga Optimaliasi pengelolaan limbah, DLH Lingga siapkan kontainer sampah

Optimaliasi pengelolaan limbah, DLH Lingga siapkan kontainer sampah

55
0

DELTAKEPRI.CO.ID, LINGGA – Tingkatkan kualitas hidup dan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lingga bersihkan halaman belakang Rumah Sakit Umum Dearah (RSUD) Encek Maryam, Daik, Selasa (07/04/20) kemarin.

Kegiatan bersih-bersih itu untuk mengoptimalisasikan pengelolaan sampah perkotaan, nantinya areal yang saat ini tengah dibersihkan akan ditarok satu unit kontener sampah.

“Kita ingin menjaga kondisi lingkungan supaya tetap bersih dan sehat, karna dulunya memang waktu di jaman PU kemarin di situ ada kontener, tapi setelah pengelolaannya kurang bagus, masyarakat komplain, sekarang kita pegang dan kita kelola, jadi agar masyarakat di sekitar situ membuang sampah tidak sembarang lagi, karna ada kontener disitu,” kata Joni Indra Kabid Kebersihan dan Pengelolaan sampah.

Baca Juga :   Maret ini, 49 Pejabat Pemkab Lingga ikut Diklatpim

Lanjut dia, nantinya kontener sampah itu dikondisikan untuk limbah rumah tangga dan tidak dibenarkan untuk limbah rumah sakit, karna menurut ia limbah rumah tersebut sifatnya khusus dan tidak bisa disatukan dalam satu kontener.

“Lagi pun saya lihat disitu memang tempat pembuangan sampah, tidak ada tong, tidak ada apa, memang fasilitas di kita itu untuk tong sampah memang tidak ada, kurang lah, kita hanya bisa menyediakan kontener sampah tadi, jadi untuk sistem pengangkutan sampahnya kita akan lakukan secara berkala satu hari sekali atau pun dua hari sekali,” ucap dia

Baca Juga :   Rp5 Miliar, ini rincian kegiatan Disduk Capil Lingga TA 2018

Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Nirmansyah meminta kepada seluruh masyarakat Kelurahan Daik atau perumahan sekitar jalan sawin, saat kontener sampah kembali diletakkan disana, agar dapat tidak membuang sampah sembarangan, karna hal ini untuk kepentingan bersama dalam menjaga kesehatan hidup.

“Nanti kita letakkan kembali kontener disitu, supaya untuk rumah sakit lebih bersih, jangan buang sampah sembarangan, bisa kita tengo Daik ini sudah bersih, jadi kemarin saya bilang sama pekerja sebelum kerja tolong disterilkan dulu sampah,” tambah dia.

Baca Juga :   Program Kementerian, Kadis LH Lingga : Sekolah Tempat Belajar Bagi Warga

Sementara itu, Nirmansyah menghimbau dan berharap kepada masyarakat untuk selalu mengikuti tata cara dalam membuang limbah rumah tangga, sebab ditengah pandemi Covid-19 ini, tentu kebersihan perlu diutamakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here