Beranda Daerah Kemenkumham Buka lowongan CPNS, Ini Syarat dan Tanggal Pendaftarannya

Kemenkumham Buka lowongan CPNS, Ini Syarat dan Tanggal Pendaftarannya

857
0

JAKARTA – Beredar informasi yang mengatakan bahwa pendaftaran atau seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Ham 2021 di https://sscasn.bkn.go.id akan dibuka mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021.

Selain itu dalam sebuah foto yang beredar di masyarakat tersebut juga menyebutkan bahwa untuk info lebih lanjut bisa menghubungi laman https://cpns.kemenkumham.go.id atau akun Twitter @cpnskumham @kemkumham_RI serta Instagram cpns_kumham.

Humas BPSDM Kemenkumham Sopi Akhyar menjelakan bahwa hingga saat ini belum ada informasi resmi soal pendaftaran CPNS Kemenkumham.

“Dari akun resmi CPNS Kumham belum rilis,” tegasnya kepada reporter Tirto.

Selain itu, melalui akun Twitter resminya, Kemenkumham juga menegaskan bahwa selain info langsung dari Kemenkumham bisa diartikan sebagai hoaks.

“Menyatakan bahwa informasi-informasi terkait Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan Ham hanya akan melalui akun resmi kami, selain daripada itu terkait informasi-informasi yang kalian dapatkan di luar informasi yang kami berikan adalah hoax,” tulis akun resmi selaksi CPNS Kemenkumham @cpnskumham.

Baca Juga :   Marbot Masjid di Kota Tanjungpinang Dapat Bantuan Sembako

Beberapa waktu lalu Andi Rahadian yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB sekaligus Juru Bicara KemenPAN RB mengatakan bahwa pendaftaran atau seleksi CPNS 2021 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) rencananya akan dilakukan akhir Juni 2021.

“Rencana jadwal pendaftaran CASN diperkirakan baru akan diadakan pada akhir Juni 2021,” ujar Andi saat dihubungi redaksi Tirto.

“Masih ada pembahasan dan persiapan-persiapan, sehingga diperkirakan baru akhir Juni 2021 dapat dilakukan (pendaftaran CPNS 2021). Selain itu, penyampaian formasi ke K/L (kementerian/lembaga) dan Pemda baru dilakukan pada April 2021,” kata Andi.

Baca Juga :   Polsek Bintim Tangkap Residivis Spesialis Bobol Rumah di Wilayah Kota Kijang

Sementara itu, dikutip dari Instagram resmi Kementerian PANRB, berikut detail formasi terbanyak untuk pendaftaran CPNS 2021.

1. Instansi pusat

Penjaga tahanan
Analis perkara peradilan
Pemeriksa
Analis hukum pertahanan
Perawat

2. Tingkat provinsi
Formasi kesehatan meliputi tenaga perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan bidan
Formasi teknis meliputi polisi kehutanan, pengelola keuangan, pranata komputer, pengelola perpustakaan, dan penyuluh pertanian.

3. Tingkat kabupaten/kota
Formasi kesehatan meliputi tenaga perawat, bidan, dokter, apoteker, dan pranata laboratorium kesehatan

Formasi teknis meliputi auditor, penyuluh pertanian, pengelola keuangan, pengelolal pengadaan barang dan jasa, dan polisi pamong praja.

Cara daftar CPNS 2021
Pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini akan dilaksanakan secara online melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSASN). Sistem tersebut dapat diakses melalui link https://sscn.bkn.go.id.

Baca Juga :   KPK Temukan 13 Tas Berisi Uang di Rumah Dinas Gubernur Kepri

Pendaftaran untuk seleksi CPNS 2021 saat ini belum dibuka. Sebelumnya, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur, Teguh Widjinarko menyebutkan bahwa seleksi CPNS tahun ini akan dibuka pendaftarannya pada Mei hingga Juni 2021.

“Nanti dilakukan seleksi tahap 1 di bulan Agustus, kemudian mereka yang lulus agar segera diproses, dilakukan pemberkasan, dan ditetapkan NIK-nya oleh BKN” jelas Teguh dalam siaran pers 9 April 2021.

Pendaftarannya sendiri akan melalui lima tahapan proses, meliputi:

pendaftaran secara online di SSCN;
seleksi administratif;
verifikasi berkas asli;
seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan computer assisted test (CAT);
seleksi kompetensi bidang (SKB).

Sumber : Tirto.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here