Beranda Nusantara Instruksi Presiden Tekan Inflasi, Rahma Langsung Maksimalkan Produk Lokal di Tanjungpinang

Instruksi Presiden Tekan Inflasi, Rahma Langsung Maksimalkan Produk Lokal di Tanjungpinang

0
Walikota Tanjungpinang Rahma berjabat tangan dengan menantu Presiden Joko Widodo yang juga Walikota Medan Boby Nasution di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/9/2022)

Deltakepri.co.id|Jakarta – Wali Kota Tanjungpinang Rahma mendengarkan langsung pengarahan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo terkait inflasi daerah dan penggunaan produk lokal di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Presiden dalam pengarahannya kepada seluruh kepala daerah menyampaikan mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, dan pembahasan mengenai pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Usai acara, Rahma mengatakan akan menindaklanjuti seluruh instruksi Presiden yang disampaikan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Tanjungpinang.

“Terkait inflasi, Pemerintah kota Tanjungpinang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID terus memantau perkembangan melalui rapat koordinasi rutin setiap bulannya bersama seluruh tim dan terus melakukan pantauan ketersediaan barang kebutuhan,” ucap Rahma.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengarahkan jajaran pemerintah daerah untuk mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri melalui mekanisme pengadaan barang.

Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya atau tindak lanjut memerintahkan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mendukung percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

“Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selain itu juga terus memaksimalkan penggunaan produk lokal,” ungkap Rahma.

Ditambahkannya, hal ini sejalan dengan realisasi percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi untuk Kota Tanjungpinang.

“Sesuai data pada Aplikasi Siera BPKP tanggal 26 September 2022, nilai realisasi P3DN Kota Tanjungpinang adalah sebesar 54, 65%,” sambungnya.

Sejalan dengan jumlah katalog elektronik lokal Kota Tanjungpinang, sampai dengan saat ini sudah terdapat 14 etalase produk dengan jumlah penyedia sebanyak 14 penyedia, serta produk yang sudah ditayangkan sebanyak 461 jenis produk.

Terakhir Rahma juga terus mengimbau kepada seluruh perangkatnya dan masyarakat agar terus bersinergi serta mendukung program pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional serta pengendalian inflasi daerah.

“Dengan komitmen bersama, bersinergi mewujudkan arahan Presiden demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dan perekonomian khususnya di Kota Tanjungpinang terus tumbuh dan berkembang pesat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here