Beranda Kepri Danlanudal : Minimum Essential Force Akan dikembangkan di Tanjungpinang

Danlanudal : Minimum Essential Force Akan dikembangkan di Tanjungpinang

0

Delta Kepri – Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang adalah satu dari 9 pangkalan udara TNI AL di seluruh Indonesia yang berada dibawah jajaran Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) yang bermarkas di Surabaya.

Adapun Lanudal Tanjungpinang untuk saat ini, berstatus tipe B yang dipimpin Komandan berpangkat Letkol, dan dalam rencana pengembangan nantinya akan ditingkatkan menjadi tipe A.

Pusat Penerbangan TNI AL memiliki satuan operasional yaitu Wing Udara yang berkedudukan di Surabaya (Wing Udara 1) dan di Tanjungpinang (Wing Udara 2), sehingga peran Lanudal Tpi cukup strategis dalam menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur udara TNI AL, serta melaksanakan pembinaan maritim dengan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun sarpras instansi yang terkait lainnya.

Baca Juga :   Panas 65 Derajat Celcius Akan Melanda Arab Saudi Saat Ramadan?

Komandan Lanudal (Danlanudal) Tanjungpinang Letkol Laut (P) Henoch Nasarius Virzawan meyakinkan bahwasanya Minimum Essential Force kedepan akan ada pengembangan-pengembangan dari Lanudal di Tanjungpinang.

“Minimum Essential Force berjalan kedepan. Pastinya akan ada pengembangan yang tercipta di Lanudal Tanjungpinang ini,” jelasnya di ruang kantor sekitar pukul 13.00 WIB. Selasa, (2/9).

Seperti yang telah disampaikan diatas. Lanudal memiliki fungsi penting didalam bertugas dengan mendukung operasi AL. Seperti, Operasi tempur,Operasi SAR dan Operasi bantuan Kemanusiaan.

Dalam hal ini, Lanudal juga berperan serta memberikan dukungan maksimal kepada unsur-unsur pesawat udara TNI AL dalam melaksanakan pengamatan laut. Dengan memantau objek pergerakan kapal-kapal asing khususnya dijalur, Alur laut kepulauan Indonesia (ALKI), pengamanan lingkungan dari pencemaran bahan berbahaya, pencegahan adanya pencurian dan penyelundupan ekosistem kekayaan laut yang juga menjadi misi penting yang diemban kepada (Puspenerbal).

“Pada intinya tugas pokok pangkalan udara AL itu, menyiapkan dukungan logistik dan administrasi. Dan hal tersebut merupakan bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dengan Kapal Perang (KRI), Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan. Dan ini merupakan bagian tugas Lanudal sebagai Pangkalan untuk mendukung operasional pesawat-pesawat udara AL,” jelas Perwira berdarah jawa ini.

Menurut Dananudal, seiring berjalannya waktu, besar harapan Lanudal Tanjungpinang dapat berperan serta menciptakan kerja sama bersama Pemerintah Daerah untuk mengembangkan serta memajukan Provinsi Kepulauan Riau. (Oppy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here