BatamHeadline

Tunjukkan Tren Positif, Hampir Satu Juta Orang Dilayani Terminal Domestik BP Batam

×

Tunjukkan Tren Positif, Hampir Satu Juta Orang Dilayani Terminal Domestik BP Batam

Sebarkan artikel ini
Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur.F-Humas BO Batam

BATAM, deltakepri.co.id – Kinerja sektor pelayanan penumpang domestik yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan BP Batam menunjukkan tren positif.

Sepanjang Januari hingga Maret 2025, jumlah penumpang yang dilayani di terminal domestik wilayah kerja BP Batam tercatat mencapai 981.320 orang.

Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 896.955 penumpang.

Terminal yang masuk dalam wilayah kerja BP Batam antara lain Terminal Ferry Domestik Sekupang, Telaga Punggur, Harbour Bay, serta Pelni.

Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan dan Lalu Lintas Barang BP Batam, Ruslan Aspan, mengatakan, peningkatan mencerminkan hasil nyata dari peningkatan layanan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi laut domestik yang dikelola BP Batam.

Pertumbuhan jumlah penumpang di terminal domestik ini adalah hasil dari peningkatan kualitas pelayanan, perbaikan infrastruktur, serta digitalisasi sistem pemesanan tiket.

“Kami akan terus berinovasi untuk mendukung mobilitas masyarakat,” ujar Ruslan dalam keterangan resminya, Jumat (25/4/2025).

Ia menambahkan, BP Batam di bawah kepemimpinan Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra, terus berkomitmen memperkuat layanan kepelabuhanan melalui peningkatan fasilitas, SDM, dan sistem digital.

“Ini sejalan dengan komitmen kami mewujudkan layanan pelabuhan yang efisien, aman, dan andal,” tambah Ruslan.

Terkait pertanyaan masyarakat mengenai pengelolaan Terminal RORO Telaga Punggur, Ruslan menegaskan bahwa terminal tersebut tidak berada dalam wilayah kerja BP Batam.

“Terminal RORO Telaga Punggur dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), bukan oleh Badan Usaha Pelabuhan BP Batam. Terminal yang kami kelola adalah Telaga Punggur Domestik, Sekupang, dan Harbour Bay,” jelasnya.

Dengan tren positif ini, BP Batam terus berupaya meningkatkan konektivitas antarwilayah di Batam dan sekitarnya melalui pelayanan pelabuhan yang terintegrasi dan modern. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *