Advertorial

Tips Kadinkes Kepri, Sehat Bugar Saat Puasa

273
×

Tips Kadinkes Kepri, Sehat Bugar Saat Puasa

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinkes Tanjungpinang, Mochammad Bisri.

Deltakepri.co.id – Tinggal menghitung hari, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Agar tetap semangat dan sehat, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Mochammad Bisri memberikan beberapa tips.

Bisri mengatakan, tips pertama agar kuat berpuasa yakni cukup minum. Jika dalam tubuh kekurangan air, maka akan merasa lelah, lemas hingga mengantuk saat menjalani puasa.

Maka itu, masyarakat yang menjalani puasa harus banyak minum air putih saat sahur. Masyarakat bisa menggunakan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas lagi saat sahur.

“Tentu harus banyak minum air putih. Minimal 2 gelas saat sahur, agar tubuh tidak kekurangan air, dan tubuh tetap terhidrasi secara cukup,” ujar Bisri, Senin (20/3/2023).

Selain itu, masyarakat yang berpuasa dapat mengurangi aktifitas yang tidak perlu dilakukan. Hal itu, agar mengantisipasi terhadap dehidrasi tubuh.

Kemudian, masyarakat yang berpuasa harus memenuhi nutrisi harian. Yakni, dengan makan-makanan yang bergizi saat sahur, berbuka dan makan malam.

Kata Bisri, makanan sahur agar kuat berpuasa antara lain, mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, daging sapi, hingga daging ayam.

“Agar kuat berpuasa, bisa mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi atau kentang. Bisa jiga daging ataupun kacang-kacangan,” ungkapnya.

Bisri menerangkan, masyarakat bisa menkonsumsi vitamin. Hal itu, agar tidak lemas dan kuat dalam berpuasa. Selanjutnya, tidur yang cukup juga penting dilakukan, saat berpuasa.

Kemudian, masyarakat juga diminta tidak bermalas-malasan saat berpuasa. Walau sedang berpuasa, bukan berarti boleh menghabiskan waktu untuk bermalasan.

Umat muslim yang berpuasa, bisa melakukan pekerjaan ringan. Namun, tetap bisa mengatur aktivitas, agar kuat berpuasa hingga waktu berbuka

Menurut Bisri, tetap menerapkan pola hidup sehat saat berpuasa sangat penting. Hal itu, agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik.

“Tetap memperhatikan pola hidup sehat. Seperti asupan air yang cukup, nutrisi seimbang, mengonsumsi buah dan sayuran, dan olahraga yang secukupnya saja,”sebutnya.(advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *