Beranda Tanjungpinang Rakor Kader Posyandu, Rahma Harap Pencegahan Stunting jadi Tugas Bersama

Rakor Kader Posyandu, Rahma Harap Pencegahan Stunting jadi Tugas Bersama

0
Rapat Koordinasi bersama kader posyandu cegah stunting di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Jumat (20/1/2023)/f-feb

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang Rahma Rapat Koordinasi bersama Kader Posyandu untuk mencegah stunting di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Jumat (20/1/2023).

Rahma berharap angka Stunting yang pertumbuhannya tidak sesuai dengan usianya akibat kurang gizi dapat menurun di Kota Tanjungpinang.

“Diharapkan kader beri edukasi masyarakat tentang asupan bergizi. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sebagai upaya dini pencegahan stunting yang menjadi tugas kita bersama,” harap Rahma.

Rahma juga mengatakan hal yang berhubungan dengan keadaan stunting terjadi karena pola hidup seperti makanan kurang bergizi dan PHBS.

“Kader posyandu garda terdepan. Misalnya sosialisasi ibu hamil mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin memeriksaan kesehatannya ke unit pelayanan kesehatan,” katanya.

Selain memberikan sosialisasi, sambung Rahma, faktor lain penyebab stunting ialah karena penyakit bawaan dan faktor ekonomi.

Tentu ini perlu kolaborasi dan keterkaitan dalam penanggulangan stunting. Kader posyandu juga berperan memberikan edukasi.

“Dinas Kesehatan atau puskesmas menangani dalam hal faktor penyakit bawaan,” jelas Rahma.

Sejauh ini, kata Rahma, pemerintah telah berperan membantu hal yang berhubungan faktor ekonomi dengan memberikan bantuan asupan makanan ataupun menjadi orang tua asuh.

“Jadi penanggulangannya tugas bersama, untuk menuntaskan stunting. Dukungan posyandu juga sebagai yang terdepan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here