Advertorial

Posyandu Sahabat Masyarakat untuk Semua Usia

×

Posyandu Sahabat Masyarakat untuk Semua Usia

Sebarkan artikel ini
Logo promkes.kemkes.go.id/desain-logo-posyandu-2021.

Deltakepri.co.id-Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sudah dikenal sejak lama, sebagai pusat kesehatan bagi ibu hamil dan balita. Kini, Posyandu memiliki wajah baru, dengan tagline “Posyandu Sahabat Masyarakat”.

Wajah baru Posyandu tersebut lahir pada 29 April 2021, tepat pada acara peringati hari Posyandu Nasional

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mochammad Bisri mengatakan Posyandu berfungsi sebagai tempat pemberdayaan masyarakat, seperti berkaitan dengan penurunan angka kematian ibu, bayi lima tahun (balita), hingga penurunan stunting.

“Posyandu ini memang dimiliki masyarakat. Jadi Posyandu ini memang wujud peran kepada masyarakat untuk meningkatkan drajat kesehatan,” ujar Bisri, Senin (13/3/2023).

Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, kata Bisri harus ada inisiatif masyarakat untuk sering mendatangi Posyandu. Di Posyandu, terdapat program kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mochammad Bisri.

Pelayanan itu untuk pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi, agar kondisi kehamilan sang ibu tetap terjaga.

Selain itu, Bisri menyampaikan di Posyandu juga ada program imunisasi. Program ini mengharuskan setiap anak usia dibawah 1 tahun melakukan vaksinasi

“Nah, itu harus ada inisiatif dari masyarakat, untuk peduli kepada kesehatannya. Posyandu juha sangat peduli kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bisri menuturkan, biasanya Posyandu ini identik untuk melayani ibu hamil dan balita saja. Namun, dengan adanya “Posyandu Sahabat Masyarakat”, Posyandu tersebut kini melayani untuk semua usia.

Di Posyandu di Kepri, kata Bisri terdapat Pos untuk melayani remaja, dan lansia. Mereka bisa mendatangi Posyandu, untuk mengecek dan berkonsultasi soal kesehatan.

“Kita ada juga Posyandu yang berkunjung ke rumah-rumah. Itu untuk melihat kesehatan keluarga,” tukasnya.(advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *