Beranda Kepri Pelindo Tanjungpinang raih Anugerah Predikat Utama

Pelindo Tanjungpinang raih Anugerah Predikat Utama

0

Delta Kepri – PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Predikat Prima Utama Sektor Transportasi dari Kementerian Perhubungan Tahun 2016 di Jakarta, Senin, (17/9/2018) di Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

Panganugrahan ini juga diberikan setelah melalui proses panjang dan sudah dianggap berprestasi dalam kegiatan penilaian pelayanan prima yang sebelumnya diadakan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Dalam hal ini, Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura merupakan satu-satunya terminal penumpang di tingkat nasional yang meraih predikat Prima Utama sektor Transportasi dalam Penilaian Pelayanan Prima Publik yang di anugerahkan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Penilaian Pelayanan Prima Publik yang diadakan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia ini juga dilakukan secara independent oleh Staf Ahli Kepresidenan Republik Indonesia, Ombudsman, Jurnalis, Guru Besar Universitas Indonesia, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan juga masyarakat.

Baca Juga :   Implementasi ASO, Upaya Hilangkan Persoalan Interfrekuensi Daerah Perbatasan

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumardi menyebutkan Penghargaan ini merupakan upaya mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan masyarakat dengan memberikan stimulasi perbaikan pelayanan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada unit penyelenggara pelayanan yang berhasil memperoleh predikat unit pelayanan prima.

“Saya menyambut baik kegiatan penganugerahan ini, pasti ini memberikan kesempatan kita mengevaluasi satu persatu unit kegiatan di Indonesia baik di darat, laut dan udara,” ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di sela-sela acara.

Budi menuturkan evaluasi ini bercermin dari tuntutan masyarakat saat ini terhadap penyelenggaraan pelayanan publik sektor transportasi yang semakin tinggi dan beragam.

Baca Juga :   Disbudpar Tanjungpinang Bakal Bangun Plaza Kuliner di Jalan Pos

Oleh karenanya, sambung Budi, pelayanan publik sektor transportasi diminta harus merespons secara cepat, baik oleh regulator maupun operator transportasi.

“Pemenuhan tuntutan ini akan berimplikasi luas pada persepsi masyarakat terhadap kesungguhan pemerintah dalam memperbaiki pelayanan, yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Sebaliknya, pelayanan publik yang kurang baik merupakan salah satu variable yang dapat menyebabkan munculnya krisis kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” jelasnya.

Budi Karya Sumadi juga memberikan sejumlah penghargaan kepada beberapa kategori unit pelayanan yaitu 68 penghargaan yang terdiri dari unit pelayanan angkutan udara, laut, Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP), stasiun penumpang kereta api, serta terminal penumpang angkutan darat.
‚Äč
Dan untuk kategori unit pelayanan terminal angkutan barang sebanyak 25 penghargaan, unit pelayanan angkutan penumpang 12 penghargaan, kategori unit pelayanan administrasi dan perizinan serta non perizinan sebanyak meraih 53 penghargaan, dan kategori unit pendidikan transportasi mencapai delapan penghargaan.

Baca Juga :   Menyongsong 2024, Soerya ke DPR RI, Nuryanto dan Putra Respaty Melaju di Polling Pilwako Batam

“Saya atas nama pimpinan Kementerian Perhubungan menyampaikan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya serta memberikan apresiasi kepada pihak manajemen unit pelayanan publik yang telah memperoleh penghargaan atas pengabdian yang dilakukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Jajaran Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Staff Kepresidenan Republik Indonesia, dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here