Nasional

Pelindo Multi Terminal Pastikan Layanan Optimal untuk Logistik dan Pemudik Lebaran 2025

×

Pelindo Multi Terminal Pastikan Layanan Optimal untuk Logistik dan Pemudik Lebaran 2025

Sebarkan artikel ini
Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), mengambil langkah strategis guna memastikan kelancaran layanan logistik di seluruh terminal nonpetikemas selama libur Lebaran 2025/f-ist

MEDAN, deltakepri.co.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, melalui subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), mengambil langkah strategis guna memastikan kelancaran layanan logistik di seluruh terminal nonpetikemas selama libur Lebaran 2025.

SPMT mengelola 20 cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Sumatra (Malahayati, Lhokseumawe, Belawan, Dumai, Sibolga, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun), Jawa (Tanjung Emas, Tanjung Intan, Jamrud Nilam Mirah, Gresik, Tanjung Wangi), Kalimantan (Balikpapan, Bumiharjo Bagendang, Trisakti), Sulawesi (Makassar, Parepare), serta Bali dan Nusa Tenggara (Benoa, Lembar, Bima Badas).

Selain itu, anak perusahaan Pelindo Multi Terminal turut mengoperasikan 11 terminal multipurpose PTP Nonpetikemas dan 5 terminal satelit IPCC Terminal Kendaraan di berbagai wilayah.

Dalam upaya menjamin kelancaran operasional, berbagai persiapan dilakukan, seperti kesiapan fasilitas dan peralatan di pelabuhan, pengendalian arus lalu lintas, penyediaan buffer area, serta koordinasi dengan pemilik kargo terkait aturan pembatasan angkutan barang menjelang Lebaran.

Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), mengambil langkah strategis guna memastikan kelancaran layanan logistik di seluruh terminal nonpetikemas selama libur Lebaran 2025/f-ist

Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Arif Rusman Yulianto, menegaskan kesiapan perusahaan dalam menyediakan layanan optimal baik untuk bongkar muat kargo maupun arus penumpang selama periode mudik dan balik Lebaran.

Perusahaan berkomitmen menghadirkan layanan terbaik bagi pengguna jasa kepelabuhanan menjelang dan saat Lebaran 2025.

Pihaknya memastikan proses bongkar muat dan distribusi barang berjalan tanpa hambatan, terutama untuk komoditas strategis yang mendukung industri dan kebutuhan masyarakat.

“Selain itu, kami juga berkomitmen meningkatkan layanan agar arus mudik penumpang kapal berjalan lancar, nyaman, dan aman,” ungkap Arif, Sabtu (29/3/2025).

Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, Pelindo Multi Terminal memastikan kesiapan layanan di delapan terminal penumpang, yakni Tanjungpinang, Sibolga, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Emas, Gresik, Lembar, Bima, dan Parepare.

Setiap terminal telah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti ruang tunggu keberangkatan, area kedatangan, ruangan VIP, barrier gate, ruang laktasi, fasilitas medis, area parkir, tempat ibadah, ketersediaan APAR, serta fasilitas ramah disabilitas.

Selain itu, Posko Angkutan Lebaran yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan berbagai stakeholders di pelabuhan akan beroperasi 24 jam guna memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama masa mudik Lebaran.

Berbagai upaya telah dilakukan dengan persiapan matang serta koordinasi intens bersama stakeholders guna melayani masyarakat dalam arus mudik Lebaran 2025.

“Diharapkan, layanan yang diberikan dapat menciptakan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” tutup Arif. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *