BATAM, deltakepri.co.id – Polda Kepri lewat Operasi Ketupat Seligi 2025 mengintensifkan pelayanan keamanan di berbagai titik strategis, khususnya Pelabuhan Internasional Batam Center.
Kasatgas Humas Operasi Ketupat Seligi 2025, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan guna memastikan kelancaran pergerakan penumpang dan wisatawan, serta keamanan di area tersebut.
Ia menegaskan bahwa situasi di wilayah hukum Polda Kepri hingga saat ini tetap aman dan kondusif.
“Operasi ini bersifat kemanusiaan. Kami mengerahkan lebih dari 3.076 personel gabungan dari Polri, TNI, dan instansi terkait untuk menjamin kenyamanan dan keamanan seluruh masyarakat,” ujarnya, Sabtu (5/4/2025).
Selain itu, Kombes Pol. Pandra juga menyebutkan bahwa pengawasan ditingkatkan di tempat ibadah, pusat keramaian, hingga titik keluar-masuk seperti pelabuhan internasional.
Peninjauan juga dilakukan ke Mega Mall Batam Center, salah satu destinasi favorit wisatawan selama liburan Lebaran.
Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat 4.844 penumpang berangkat dan 7.305 penumpang tiba di Pelabuhan Batam Center pada 5 April 2025.
Aktivitas tinggi ini sejalan dengan meningkatnya arus balik dan kunjungan wisatawan.
KPLP Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Erik Mario Sihotang, menyebutkan, puncak keberangkatan terjadi pada 30 Maret dengan 4.000 orang, termasuk 1.006 WNA.
Sedangkan kedatangan tertinggi terjadi pada 31 Maret, dengan total 8.000 WNA.
“Total wisatawan mancanegara yang datang mencapai sekitar 8.000 orang, sementara WNI berkisar antara 6.000 hingga 7.000. Harga tiket internasional yang lebih murah dibanding domestik juga memicu lonjakan ini,” tambah Erik.
Ia juga menyampaikan apresiasi atas pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian selama masa lonjakan penumpang. “Sinergi dengan pihak kepolisian sangat membantu, terutama dalam memberikan informasi kepada penumpang saat kondisi padat.”
Usai meninjau pelabuhan, rombongan Polda Kepri melanjutkan kunjungan ke Mega Mall Batam Center bersama General Manager mall, Tendessy M. Bahry, dan pengelola lainnya. Kombes Pol.
Pandra juga berinteraksi langsung dengan petugas keamanan dan masyarakat, memastikan keamanan pengunjung tetap terjaga.
“Polri hadir untuk memberi rasa aman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini juga bagian dari upaya membangun kepercayaan dan citra positif Polri,” tegasnya.
Menutup kunjungan, Kombes Pol. Pandra mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik untuk berhati-hati, mengatur waktu keberangkatan, dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.
“Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 5 hingga 7 April 2025. Prioritaskan keselamatan. Jika butuh bantuan, hubungi petugas di posko pengamanan atau Call Center Polri 110,” pungkasnya. (*)