Beranda Tanjungpinang Malam Hari Disertai Hujan, Rahma Turun Langsung Bantu Warga

Malam Hari Disertai Hujan, Rahma Turun Langsung Bantu Warga

0
Wali Kota Rahma tinjau banjir Rob di wilayah sei jang dan kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Rabu (25/1/2023)/f-feb

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang — Hujan lebat di malam hari mengguyur tak menyurutkan langkah Wali Kota Tanjungpinang Rahma meninjau langsung kondisi wilayah yang terkena banjir sekaligus memastikan kondisi warganya yang terdampak.

Bersama BPBD Kota Tanjungpinang meninjau ke sejumlah lokasi di wilayah sei jang dan kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Rabu (25/1/2023) malam disertai hujan.

“Banjir rob menggenangi beberapa wilayah pemukiman di Kota Tanjungpinang, yang dipengaruhi oleh naiknya permukaan air laut ditambah curah hujan yang tinggi,” ucap Rahma.

Banjir rob ini pula, kata Rahma, merupakan kondisi alam yang terjadi di kawasan pesisir. Kondisi tersebut dapat menjadi lebih parah jika pada saat bersamaan terjadi hujan lebat seperti yang terjadi di Kota Tanjungpinang saat ini.

“Untuk itu, untuk memastikan kondisi warga kami melakukan peninjauan disejumlah titik-titik banjir dan rumah warga yang terkena dampak,” ucap Rahma.

Saat mengunjungi rumah warga, Rahma menanyakan langsung kondisi atau antisipasi yang dilakukan.

“Tetap siaga, cuaca saat ini hujan lebat dapat menambah debit air masuk ke dalam rumah. Selamatkan barang penting seperti surat berharga atau barang perhiasan ke tempat aman dan terlindungi dari banjir,” pesannya.

Ditambahkannya, untuk keselamatan Rahma mengimbau untuk mengungsi sementara.

“Terutama orang tua dan anak-anak, sebaiknya diungsikan sementara ke rumah saudara di wilayah yang tidak terdampak banjir demi keselamatan dan kesehatan,” imbaunya.

Upaya tanggap penanganan banjir ini, sejak sore hari Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum untuk membantu kebutuhan makanan warga yang terdampak banjir.

“Pembuatan dapur umum ini ditujukan membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir. Sekitar 1.300 bungkus nasi untuk makan malam hari ini sudah disiapkan dan telah didistribusikan untuk 12 kelurahan yang dibantu pihak kelurahan,” jelasnya.

Rahma mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada. Selain banjir, hujan yang disertai angin juga berpotensi terjadi pohon tumbang.

“Untuk itu selalu waspada, dan laporkan bila terdapat hal tersebut kepada RT, RW, lurah atau BPBD untuk mendapatkan penanganan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here