BintanPolitik

KPU Kerjasama dengan Disdik Kepri Karena Ada 29.625 Pemilih Pemula di Bintan

×

KPU Kerjasama dengan Disdik Kepri Karena Ada 29.625 Pemilih Pemula di Bintan

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan, Haris Daulay saat diwawancarai awak media terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT/ termasuk pelajar se Kabupaten Bintan, Kamis (30/08/2023).F-Yuli

BINTAN, deltakepri.co.id – Sebanyak 29.627 pemilih pemula masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) se-Kabupaten Bintan yang akan berlangsung di tahun politik 2024 mendatang, Kamis (31/08/2023).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan Haris Daulay saat ditemui di kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula di SMKN 1 Bintan Timur.

Ketua KPU Haris Daulay menyebutkan, pihaknya telah menjangkau pemilih pemula dan hal itu merupakan strategi untuk menyukseskan pemilu 2024 mendatang.

Ia juga menjelaskan, pemilih pemula bukan hanya pelajar, tetapi pemilih pemula yang disebut berusia 17 tahun hingga 20 tahun.

Terhitung pada tahun 2019 belum memberikan hak suaranya, sehingga di tahun 2024 mereka masuk dalam DPT.

“Pemilih pemula itu penting, karena jumlah mereka cukup banyak bahkan telah dilakukan pengecekan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), melihat pemilih pemula dilihat dari usia termasuk seluruh sekolah se-Kabupaten Bintan cukup banyak,” ungkap Haris.

Untuk menjangkau para pemilih tersebut, KPU Bintan pun melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, masuk ke setiap sekolah, baik itu SMK dan SMA di Bintan.

“Dalam kondisi misal, menjadi pembina upacara, atau kegiatan lainnya, sejauh ini kami sudah masuk di 2 sekolah, yakni SMAN 1 Bintan Timur dan SMAN 1 Toapaya,” ucapnya.

Ia berharap pemilih pemula mengetahui, apakah mereka (siswa-red) terdaftar sebagai pemilih, ataukah mereka tahu berapa jumlah partai politik pada Pemilu 2024 nanti.

“Mereka harus mengetahui siapa saja yang harus mereka pilih, misal anggota DPRD Bintan, Provinsi, DPR RI, Presiden dan Wakil Presiden mereka harus tau ini,” terangnya.

Target KPU Bintan, ungkap Haris, adalah melakukan sosialisasi agar bagaimana para pemilih pemula ini menjadi pemilih cerdas.

“Supaya mereka yang baru mau memilih bijak menjatuhkan pilihan kepada calon yang akan mereka pilih. Terkait visi misi, dan bijak bermedsos untuk menghindari hoax,” ungkapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *