Beranda Kepri DI Depan Gedung DPR RI, BEM UMRAH Tolak Konsesi ZEE Vietnam

DI Depan Gedung DPR RI, BEM UMRAH Tolak Konsesi ZEE Vietnam

0
BEM UMRAH tolak Konsesi ZEE Vietnam dan desak agar Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan (RUU DK) disahkan, di depan Gedung DPR RI, Senin, (26/12/2022)/f-san

Deltakepri.co.id|Jakarta – BEM KM UMRAH gelar aksi penolakan Konsesi ZEE Vietnam serta mendesak agar Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan (RUU DK) disahkan, di depan Gedung DPR RI, Senin, (26/12/2022) siang  kemarin.

Mereka menilai Konsesi ZEE Vietnam merugikan negara dan RUU Daerah Kepulauan harus disahkan. Karena mendesak dan dibutuhkan daerah yang berciri Kepulauan, Khususnya Kepulauan Riau.

Presiden Mahasiswa BEM KM UMRAH, Alfi Riyan Syafutra, menerangkan Konsesi ZEE Vietnam menyangkut kedaulatan negara yang tidak bisa ditawar-tawar, dan merugikan nelayan lokal.

Menurutnya, pengesahan RUU Daerah Kepulauan jadi harapan yang akan menjawab keresahan dan kesulitan nelayan masyarakat pesisir.

“Aksi ini mengenai penolakan Konsesi ZEE dan mendesak pengesahan RUU Daerah Kepulauan yang sampai sekarang belum disahkan DPR,” ucap Alfi saat dihubungi, Senin, (26/12/2022).

Alfi merangkum 7 tuntutan Kemaritiman di Kepulauan Riau yang disampaikan dalam aksi hari ini, yaitu:

1. Mendesak Pemerintah Pusat Segera Mengesahkan RUU Daerah Kepulauan

2. Menolak dan Mendesak Pemerintah Pusat untuk tidak memberikan Konsesi ZEE Vietnam karena sangat merugikan kedaulatan negara dan tidak pro nelayan lokal

3. Mendesak pemerintah pusat memperhatikan Nelayan Lokal Khususnya Nelayan Natuna, Kepulauan Riau yang melaut Di 12 Mil keatas Dilaut Natuna Utara (Laut China Selatan)

4. Mendesak Pemerintah Pusat Memperkuat Telekomunikasi di Provinsi Kepulauan Riau

5. Mendesak Pemerintah pusat memperhatikan itegrasi Akses Transportasi Laut di Provinsi Kepulauan Riau

6. Mendesak Pemerintah Pusat Memperkuat Pertahanan dan Keamanan didaerah Perbatasan Provinsi Kepulauan Riau.

7. Menolak Kesepakatan ZEE Indonesia Vietnam”

Alfi juga menyebutkan aksi penolakan Konsesi ZEE Vietnam dan pengesahan RUU Daerah Kepualauan diikuti Kampus-kampus BEM SI Wilayah BSJB dan SUMBAGUT.

Alfi menyayangkan, anggota DPR, DPD RI Dapil Kepulauan Riau tidak ada kepedulian tutup mata terhadap permasalahan Kemaritiman di Kepulauan Riau.

“Tak pernah mewakili suara suara nelayan, dan masyarakat pesisir di senayan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here