Beranda Advertorial Cegah Pemukiman Kumuh yang Baru, Rahma Turun Langsung ke Lokasi

Cegah Pemukiman Kumuh yang Baru, Rahma Turun Langsung ke Lokasi

0
Walikota Tanjungpinang Rahma, turun langsung meninjau rencana lokasi yang akan dipilih program Kotaku di Kelurahan Kampung Bulang, Selasa (05/07/2022)

Deltakepri.co.id|Tanjungpinang — Memastikan kesiapan Kota Tanjungpinang dalam program Kotaku, Walikota Tanjungpinang Rahma, turun langsung meninjau rencana lokasi yang akan dipilih, di Kelurahan Kampung Bulang, Selasa (05/07/2022).

Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Walikota Rahma lakukan pengecekan lokasi

Rahma mengatakan, tahun ini lokasi program Kotaku di Tanjungpinang yang dipilih. Tahun ini terpilih kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur sebagai program Kotaku.

Baca Juga :   Sejumlah organisasi di Batam gelar aksi spontanitas "Indonesia melawan teroris"

“Untuk itu hari ini bersama tim meninjau kawasan dan melihat kesiapannya, diantaranya drainase untuk mencegah genangan air kotor penyebab sarang penyakit, juga tempat pembuangan sampah diperhatikan agar lingkungan lebih bersih,” terang Rahma.

Menurut Rahma, selain faktor drainase, aspek penting lainnya mendukung program Kotaku adalah akses jalan. Perhatikan juga mengenai pembukaan jalan, karena jalan alternatif jalan itu penting dan amat diperlukan.

“Salah satu prioritas utama kita adalah akses alternatif jalan untuk memudahkan mobilitas warga,” jelasnya.

Disampaikannya, tujuan dari program ini untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan.

Baca Juga :   Bocah yang dicari sudah ditemukan tak bernyawa

“Mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Rahma bersama perangkatnya cek ricek lokasi

Terkait hal tersebut terdapat beberapa titik rumah yang akan ditata lingkungannya. Sambil mengunjungi rumah yang akan dilakukan penataan tersebut, Rahma menyampaikan agar masyarakat turut membantu dan bekerjasama mensukseskan program Kotaku ini.

“Suksesnya program Kotaku tentu harus ada kerjasama bersama masyarakat. Juga terkait kebersediaan warga, perlu dibuat surat pernyataan guna persetujuan melakukan pekerjaan, karena ini bersifat tidak memaksa, jika ada yang tidak bersedia maka akan dicari kembali titik lokasi lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Dinkes Kepri Sebut Semua Kasus Covid Sudah Varian Omicron
Walikota Rahma lakukan tanya jawab bersama warga setempat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here