Anambas

Bupati Anambas Gemakan Tabligh Akbar Isra Mir’aj di Masjid Agung Baitul Ma’mur

×

Bupati Anambas Gemakan Tabligh Akbar Isra Mir’aj di Masjid Agung Baitul Ma’mur

Sebarkan artikel ini
Peringatan Isra Mir'aj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Sabtu (18/2/2023)/f-us

Deltakepri.co.id|Anambas – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris gemakan tabligh akbar peringatan Isra Mir’aj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Sabtu (18/2/2023).

Selain Bupati Abdul Haris, hadir pula Danlanal Tarempa, perwakilan dari Kapolres Anambas, Pengadilan Agama, Kantor Kemenag, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Pemkab dan para pimpinan OPD beserta masyarakat umum.

Tabligh akbar itu juga mengundang penceramah Ibu Kota Jakarta, Ustadz Muhammad Basir dengan mengusung tema, “Dengan Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia melalui Hikmah Isra Mir’aj Nabi Muhammad SAW.

“Mudah-mudahan yang hadir diberikan pahala oleh Allah, bersyukur Isra Mir’aj 1444 H ini, bisa kita gelar dengan keadaan sehat wal afiat, tiada bandingannya sesuatu apapun juga,” kata Abdul Haris.

Abdul Haris berharap majelis tabligh akbar agar sama-sama menghayati ceramah, ustad Muhammad Basir, untuk menambah iman dan taqwa serta kesungguhan disisa umur yang makin singkat.

“Kesempatan kita semakin pendek, mungkin orang berkata setahun bertambah umur kita merasakan bahwa sudah begitu matang, tetapi seyogyanya kesempatan kita sudah semankin berkurang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ustadz Muhammad Basir dalam ceramahnya mengatakan, sejarah peristiwa Isra’Miraj Nabi Muhammad SAW hendaknya menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Sebuah peristiwa sejarah, Isra Mir’aj belum pernah terjadi dimanapun, dialami siapapun, hanya Rasulullah SAW yang diizinkan Allah untuk memasuki alam itu untuk bercengkerama dengan Allah, yang istimewanya malaikat pun tidak diizinkan Allah memasuki alam itu,” kata ustadz M.Basir.

Lanjut ustadz M. Basir menjelaskan, bahwa Isra Mir’aj, penting bagi umat Islam, sebab Nabi Muhammad SAW memperoleh perintah pertama kalinya untuk menjalankan shalat lima waktu.

“Isra Mir’aj adalah perjalanan spiritual Rasullullah SAW dari Masjidil Haram menuju masjidil Aqsa. Kemudian Rasulullah SAW naik ke surga menerima perintah sholat lima waktu oleh Allah SWT, oleh karenanya, Isra Mir’aj menjadi satu di antara peristiwa yang dimuliakan,” katanya lagi.

Menurutnya, inti daripada Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah, Allah langsung memberi perintah shalat kepada Rasulullah.

Banyak nabi-nabi yang diutus Allah menjalankan dan melaksanakan shalat tapi tidak langsung dapat menemui Allah atas perintah itu.

“Sesungguhnya shalat mencegah perbuatan keji, mungkar, sesungguhnya untuk mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan,” ucapnya. (Us)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *