Beranda Anambas April, DKPPKB Anambas Siapkan 127 Petugas Pendataan Keluarga

April, DKPPKB Anambas Siapkan 127 Petugas Pendataan Keluarga

127
0

Delta Kepri – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengikuti acara sosialisasi Pendataan Keluarga tahun 2021 di Aula Resto Siantan Nur, Senin (22/02/2021).

Sosialisasi, pendataan keluarga tahun 2021 tersebut diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Paras Siregar saat usai mengikuti sosialisasi Pendataan Keluarga tersebut menjelaskan kepada media, DPPKB tengah mempersiapan Pendataan Penduduk (PK) tahun 2021di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Baca Juga :   Rusdi Santuni Anak Yatim Piatu Pada Malam Pergantian Tahun

“Pendataan rencananya akan dilaksanakan mulai 1 April sampai dengan 1 Mei tahun 2021 mendatang,” jelasnya kepada media.

Paras juga menerangkan, tujuan digelarnya PK tak lain untuk dijadikan rujukan sumber perencanaan tentang kependudukan dan juga data keluarga.

“Tujuannya untuk mengetahui data-data keluarga di Anambas. Nantinya, data itu akan dimanfaatkan pemerintah untuk perencanaan, intervensi program KB, dan pengendalian penduduk,” terangnya

Ia juga menjelaskan proses Pendataan Keluarga akan berlangsung selama 1 bulan penuh sepanjang April 2021 dengan menggunakan dua metode.

“Setiap keluarga akan di catat secara metode manual dan digital oleh petugas kami dilapangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Wako Tanjungpinang dan Wabup Anambas Keluhkan Harga Tiket Pesawat Xpress Air!

Ia melanjutkan, saat ini, DPPKB Kabupaten Kepulauan Anambas fokus mempersiapkan sebanyak 127 petugas lapangan untuk menggarap PK di tahun 2021 dengan target sebanyak 13083 Kepala Keluarga.

Kemudian, Paras mengatakan untuk petugas yang akan terlibat dalam pendataan ini sebanyak 127 orang, yang terdiri dari 10 orang manager pengelola di Kecamatan, 54 supervisor dan 63 orang petugas kader posyandu dari setiap Desa, dan tujuan dilaksanakannya pendataan keluarga tersebut untuk dijadikan rujukan sumber perencanaan tentang kependudukan dan data keluarga.

Baca Juga :   Gubernur Tak Hadiri Paripurna, Sarafudin Meradang

Sementara, Kasi Informasi Kependudukan Anambas, Said Barakbah yang juga menghadiri sosialisasi Pendataan Keluarga 2021 mengatakan, poin-poin penting yang akan di data oleh petugas lapangan diantaranya, jumlah keluarga, jumlah anggota keluarga, jumlah peserta KB, jumlah keluarga menurut kelompok umur, jumlah keluarga yang bekerja atau tidak bekerja, dan data-data seputar keluarga lainnya.

“PK ini beda dengan sensus penduduk. PK hanya fokus pada pengumpulan data-data keluarga saja,” ujar Said Barakbah. (U.S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here