Wajah anda berminyak, berikut 5 cara merawatnya

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 547 kali.


DELTAKEPRI.CO.ID, TANJUNGPINANG – Selain kulit kering, banyak wanita yang memiliki jenis kulit wajah berminyak.

Minyak sebenarnya baik untuk membuat kulit tetap sehat. Namun minyak yang berlebihan pada wajah dapat membuat kotoran mudah menempel dan berakhir pada jerawat.

Faktor genetik merupakan penyebab utama terjadinya kulit berminyak. Namun pola makan, cuaca, dan ketidakseimbangan hormon juga dapat membuat kulit wajah Anda berminyak.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol minyak pada kulit wajah Anda.

Bersihkan

Pilihlah pembersih wajah yang lembut. Pembersih wajah yang keras hanya akan memicu produksi minyak yang berlebihan. Membersihkan wajah juga sebaiknya Anda lakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Mencuci muka lebih sering hanya akan membuat wajah Anda kering atau mengelupas. Bila pembersih wajah tidak cukup mengatasi kulit berminyak Anda, cobalah sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acyd.

Gunakan pelembap

Dengan kulit yang berminyak, bukan berarti Anda boleh melewatkan pelembap. Pelembap berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit dan menjauhkan kulit Anda dari penuaan dini. Agar tidak semakin berminyak, pilihlah pelembap berlabel bebas minyak.

Kertas wajah

Untuk menghilangkan kelebihan minyak, kertas wajah merupakan salah satu solusi terbaik. Kertas wajah tidak akan menghilangkan kelembapan kulit Anda. Namun Anda harus menggunakannya dengan tepat. Hindari menggosok kertas pada wajah, gunakanlah dengan cara menekan kertas pada bagian wajah yang berminyak.

Tabir surya

Sinar matahari bisa jadi salah satu penyebab kulit berminyak. Maka penting bagi Anda untuk menggunakan sunblock atau tabir surya saat ke luar rumah. Tabir surya akan melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari. Sama seperti pelembap, gunakanlah tabir surya berlabel bebas minyak.

Kosmetik berbahan dasar air

Kosmetik yang berbahan dasar air atau mengandung mineral, merupakan kosmetik yang paling cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Kosmetik ini akan membuat wajah Anda bebas kilap selama beberapa jam. Namun jangan lupa untuk membersihkannya, jangan sampai sisa kosmetik menempel pada wajah Anda semalaman. Hal tersebut dapat membuat wajah Anda semakin berminyak.

sumber: 1health.id




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *