Terkait Ibu Penderita Tumor, Ini Komentar Kadinkes Kepri, Kadinkes Tanjungpinang dan Kadinsosnaker Tanjungpinang

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 1293 kali.


Delta Kepri – Kabar yang beredar di media sosial tentang salah seorang warga Kota Tanjungpinang bernama Sumarni Sofiaty (58), yang menderita sakit Tumor pada bagian paha kirinya. Kini mengundang simpatik dari berbagai kalangan. Dan saat ini, Sumarni Sofiaty yang kerap dipanggil Sofi, diketahui telah mengalami puncak sakit Tumor Stadium empat (4). Dimana, penyakit Tumor yang dialaminya bermula sejak tahun 2012. Kamis, (16/6).

Sofi Warga Perum. Griya Hangtuah Permai, RT/RW 03/05, Blok K, Nomor 29, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Saat dihimpun deltakepri.co.id. Sofi menjelaskan, sebelum Tumor terlalu parah. Dahulu Ia telah mencoba meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang dan Dinas Sosial Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Tanjungpinang. Namun cukup disayangkan, tak satu-pun pelayanan terbaik sofi dapatkan.

“Dek saya sudah muak dengan mereka. Dinas sosial dan Tenaga Kerja dan Dinas kesehatan Kota Tanjungpinang. Saya sudah letih dek, mungkin tunggu saya seperti ini baru mereka sibuk mencari muka, jangan kan memberi bantuan menjenguk saja mereka sebagai manusia terpandang tidak pernah,” jelas Sofi sambil menahan sakit yang ia alami sekitar pukul 20.10 WIB dini hari tadi.

Sofi mengaku, ia terlantar sebatang kara, dan hanya dibantu oleh tetangga sekitar dan kerabat-kerabat dekatnya.

“Saya tidak ada sanak saudara lagi, cuma tetangga sekitar yang sedikit memberi bantuan, saya tidak tahu kemana para pejabat dan wakil rakyat yang seharusnya ada untuk masyarakat miskin. Apa karena penyakit saya menjijikkan sehingga mereka tidak ingin datang menjenguk dan membantu saya,” ungkapnya, sambil meneteskan air mata, seakan pupus harapannya untuk bertahan hidup.

Sofi juga mengatakan, bahwa dia mengenal baik Sosok Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dari sebelum menjabat sebagai Walikota. Menurut Sofi, saat itu Lis Darmansyah masih bekerja sebagai Koki disalah satu Hotel ternama di Kota Tanjungpinang.

“Saya kenal baik dengan pak Walikota, malah saya akrab dengan beliau, mungkin saja beliau tidak tahu keadaan saya seperti ini, ya biasa mungkin saja, saat ini beliau sedang sibuk,” tuturnya dengan bijak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam menyatakan pada media ini, pihaknya akan segera menugaskan Tim Puskesmas ke tempat Sofi.

“Coba besok saya tugaskan tim puskesmas mengunjungi. Kira kira dukungan pelayanan kesehatan apa yang diperlukan biar ditangani tim puskesmas,” katanya, saat dikonfirmasi media ini sekitar pukul 18.48 WIB melalui Sosial media WhatssApp.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, SKM, M. Kes menerangkan, semestinya permasalahan sosial seperti ini menjadi urusan Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker). Dan sipenderita nantinya akan mendapatkan surat sebagai penyandang sosial. Kemudian, persoalan tumor sipenderita, baru bisa menjadi urusan Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Tolong daftarkan ke Dinas sosial, masalah sosialnya menjadi urusan Dinas sosial. Nanti dia mendapat surat sebagai penyandang sosial. Barulah masalah tumornya menjadi urusan Dinkes, terangnya sekitar pukul 18.33 WIB, dini hari tadi.

Mendengar penjelasan bijak Tjejep Yudiana. Deltakepri.co.id langsung menanyakan perihal tersebut kepada Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Drs Surjadi MT. Ia menjelaskan, Pihaknya, baru akan melakukan tindakan pada esok hari tanggal (17/6/2016), jelas Surjadi melalui pesan singkat via WA.

“Besok kami check ya. Saya masih dimasjid. Beliau yg pensiunan PNS ya? Nanti kami koordinasikan dg dinkes,”. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *