Terbentuknya Forum PEL, Diharapkan Pacu Perekonomian Berimbas Kesejahteraan Masyarakat di Lingga

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 334 kali.


DELTAKEPRI.CO.ID, LINGGA – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Kepri bersama Bappelitbang Kabupaten Lingga menggelar sosialisasi mengenai Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL).

Tujuan pengembangan ekonomi lokal bagi daerah, menurut Sugeng Budiharsono, narasumber pada kegiatan sosialisasi yang tengah berlangsung di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (23/10/2019) pagi.

Dimaksudkan, untuk menumbuh kembangkan serta meningkat sumber daya manusia, lebih kearah kreatifitas dan berpikir positif. “Yang paling penting adalah cara mengubah mindset. Kita harus imajinasikan apa yang mungkin bisa dilakukan dengan semua ini. Lingga jangan sampai kalah dari tetangga, Lingga punya sesuatu yang harus dipromosikan,” kata Sugeng dihadapan 50 orang pelaku usaha yang hadir pagi itu.

Sementara itu, Kasubbag Perencanaan Perekonomian dan SDA Bappelitbang Provinsi Kepri, Ria Nandika Handayani menjelaskan pentingnya Forum PEL lekas dibentuk.

Menurut Ria, dengan adanya forum ini para pelaku usaha di Lingga dapat memberikan masukan rencana aksi saat musrenbang di tingkat daerah berlangsung.

Dirinya pun menjelaskan, peran Bappelitbang kabupaten kota dalam hal ini bertindak sebagai sekretariat, yang mana menampung masukan dan rekomendasi dari seluruh pelaku usaha.

“Tentu nanti ada kegiatan rencana aksi mereka, pemetaan pelaku usaha. Dari pemetaan pelaku usaha tersebut nanti akan direkomendasikan ke provinsi, dari provinsi akan diarahkan kepada OPD terkait bahwa di Lingga ada beberapa pelaku usaha,” kata Ria.

Kabar gembira di bentuknya Forum PEL di Lingga bukan saja datang dari masyarakat yang terlihat antusias, melainkan juga dari Kabid Perekonomian dan SDA Bapelitbang Lingga, Indra Asmara Putra.

Menurut Indra, terbentuknya Forum PEL tak terlepas atas sharing kedua belah pihak antara Bappelibang Provinsi dan Bappelitbang Kabupaten Lingga.

Forum PEL ini, masih kata Indra akan dibentuk pada esok hari, Kamis (23/10/2019). Sementara bidang masing-masing akan diisi oleh kelompok kerja (pokja) terdiri dari para pelaku usaha sendiri.

“Insyallah besok kita akan bentuk forumnya. Forum ini terdiri dari banyak pokja. Ada pokja pariwisata, pokja masalah perikanan dan masih banyak. Siapa yang akan mengisi mereka para pelaku usaha,” tegas Indra.

Selain itu, Indra berharap, dengan dibentuknya Forum PEL di Lingga, kedepan diharapkan perekonomian para pelaku usaha berimbas kepada kesejahteran masyarakat. “Endingnya pasti tetap untuk kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya.


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *