Tak main-main, Dishub Kepri berencana bangun aplikasi pengelolaan laut

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 768 kali.


Delta Kepri – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri ternyata tak main-main mengelola pelabuhan dan ruang lautnya, hal ini terbukti dengan diciptakannya aplikasi khusus berbasis Teknologi Informasi pengelolaan pemanfaatan ruang laut Kepri yang bernama PelabuhanQu.

Kepala Bidang Kepelabuhanan Dishub Kepri Azis Kasim Djou mengatakan aplikasi PelabuhanQu merupakan karya Proyek Perubahan di Diklat Kepemimpinan Tingkat III, yang diikutinya sejak bulan Juli hingga 7 November 2018.

Sementara itu, Kadishub Kepri Jamhur Ismail yang juga Mentor pada Diklat tersebut mengaku, menyambut hasil karya anak buahnya itu dengan optimis, bahkan ia berharap aplikasi PelabuhanQu segera diimplementasikan.

“Terobosan ini sangat aplikatif dan mendukung upaya Kepri meningkatkan PAD dari sektor Labuh Jangkar” ungkap Jamhur.

Sekilas tentang aplikasi PelabuhanQu ini juga bagian dari sebuah aplikasi yang menghubungkan antara regulator dan pengguna jasa kepelabuhanan dan ruang laut Kepri dengan lebih cepat dan tanpa perlu tatap muka sehingga diharapkan dapat meminimalisir segala bentuk Pungutan Liar.

Selain itu, Jamhur dan Aziz juga serentak menyebut Kepri telah Siap menghadapi era industri 4.0 terutama dalam pengelolaan pelabuhan dan wilayah Labuh di Kepri. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *