Sofi telah dirujuk, Dan Inilah Penjabaran Walikota, Kadinkes Kepri dan Kadinkes Tanjungpinang

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 2129 kali.


Delta Kepri – Akhirnya Sumarni Sofiaty (58) penderita penyakit Tumor pada bagian paha kirinya, dapat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kepri sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi.
Hal ini berkat kesigapan kordinasi yang baik antara pihak Pemko Tanjungpinang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, guna menjalani persiapan kesehatan Sumarni Sofiaty, sebelum ia diberangkatkan ke Rumah Sakit Embung Fatimah Kota Batam. Jum’at, (17/6/2016).

Sofi sapaan akrab dari nama Sumarni Sofiaty, mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah saat ini. Menurutnya, dengan adanya tindakan seperti ini, Sofi mengaku bertambah semangat dalam menghadapi proses penyembuhan penyakit yang ia alami. Dan pastinya, ia berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar.

“Terimakasih ya dek atas perhatian adek dan rekan-rekan pers selama beberapa hari ini untuk perduli membantu saya untuk lolos masuk dirawat. Dan saya pun juga harus tetap kuat dalam melaksanakan operasi nanti,” lirihnya di ruangan Dahlia Lantai Lima (5) RSUP sekitar Pukul 10.00 WIB dini hari tadi.

Dalam penyampaian Sofi tak lupa ia berterimakasih sedalam-dalamnya terhadap Instansi Pemerintahan yang kembali memperhatikan dan mendengar keluhannya. Kemudian, ia juga meminta maaf lewat media ini. Pasalnya, dirinya mengaku, bila ada perkataannya yang menyinggung mereka sebagai pekerja Pemerintahan, “saya mohon maaf”.

“Saya berterimakasih kepada instansi Pemerintah yakni Pemko Tanjungpinang, Kadinkes Provinsi Kepri, Kadinsosnaker Tanjungpinang dan Kadinkes Kota Tanjungpinang. Saya-pun memohon maaf bila ada kata-kata saya yang menyusahkan mereka. Akan tetapi, saya percaya dengan Tuhan Maha Esa, semua ini akan berjalan dengan lancar,” tutur sofi.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah menjelaskan serta menekankan, sejak tahun 2012 sampai pada tahun 2014. Biaya perawatan Sofi telah ditanggung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang. Hal tersebut dibantu melalui Jamkesda pada tahun 2012. Dan sejak tahun 2014, Sumarni adalah Pemegang kartu BPJS. Dimana, iuran Sofi juga dibayar oleh Pemko Tanjungpinang. Dan ini juga dimanfaatkan Sumarni untuk layanan kesehatannya.

Disamping penyampaian Lis Darmansyah. Wenny Pustoko Istri dari Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, juga menyempatkan kehadirannya menjenguk serta melihat keadaan Sofi. Namun pada saat itu, Wenny Pustoko tidak bersama Suami tercintanya. Sebab, Lis Darmansyah diketahui sedang mengikuti acara cukup penting di Jakarta.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, SKM, M. Kes melalui Via seluler menyatakan, Sofi akan kita rujuk ke Rumah Sakit Embung Fatimah Kota Batam dalam waktu dekat.

Dengan adanya kejadian ini. Menurut Tjejep Yudiana, dalam waktu dekat ia akan mengusahakan menghadirkan Dokter Ahli Kanker di Provinsi kepri. Pasalnya, bila ada hal seperti ini lagi, pasien penderita kanker dapat langsung ditangani disini, dan tidak perlu lagi keluar daerah maupun kota.

“Ibu Sofi ini pastinya akan dirujuk kebatam. Yakni, RS Embung Fatimah py, dan kami juga akan berusaha menghadirkan Dokter Ahli Kanker. Agar nantinya, bisa ditangani disini saja. Tanpa harus dirujuk lagi keluar daerah maupun kota py,” tuturnya melalu Via-seluler sekitar pukul 17.40 WIB dini hari tadi.

Mendengar penjelasan dari Tjejep Yudiana. Deltakepri.co.id menyempatkan mendengar penyampaian dari salah satu Staf Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri yang bernama Dawiyah.

Dawiyah menerangkan, bahwa Sofi akan dirujuk ke Rumah sakit Embung Fatimah Kota Batam pada hari senin atau selasa nanti. Pasalnya, keberangkatan Sofi harus dipersiapkan terlebih dahulu. Ia juga menjelaskan bahwasannya Sofi bukan ditelentarkan, melainkan, Sofi sejak dulu telah menerima bantuan Jamkesda dari Pemerintah Kota Tanjungpinang. Agar semua tahu, Bantuan kesehatan yang telah diterima Sofi, dimulai dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2014.

“Begini bang, ibu Sofi ini sementara di RSUD dulu, supaya bisa diberi penaganan yang baik sebelum dirujuk ke RS Embung Fatimah Kota Batam. Nah, untuk kata-kata menelentarkan, itu tidak benar. Ibu Sofi ini dulu telah lama menerima bantuan Jamkesda. Dimulai dari 2008 hingga 2014. Dan Pemko Tanjungpinang-lah yang termasuk menolong beliau, melalui Dinkes Kota Tanjungpinang,” terang Dawiyah di ruang klarifikasi RSUP sekitar pukul 11.00 WIB bersama jajarannya.

Berbeda dengan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang Rustam. Ia menyatakan Dinkes Kota Tanjungpinang mengaku telah memberi fasilitas-fasilitas yang terbaik untuk Sofi dan juga tentang persiapan keberangkatannya.

Rustam juga mengungkapkan, bahwa Dinkes Kota Tanjungpinang hanya bisa membantu untuk kesehatannya saja. Bila dikaitkan untuk rujukan, itu tupoksi dokter yang menentukannya, dan bukan dari pihak Dinkes Tanjungpinang.

“Disini kami sebagai Dinkes, kami hanya membantu dengan faslitas dan kesehatan atau pengobatannya saja.Dan untuk merujuknya. Dokterlah yang menentukan baiknya dimana py,” jelas Rustam melalui Via seluler pagi tadi. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *