Soerya Memeriahkan Halal Bihalal Punggowo Batam

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 748 kali.


Batam – Paguyuban Among Warga Jowo (Punggowo) kembali menggelar halal bihalal di Temenggung Abdul Jamal, Minggu (9/8). Acara yang dibanjiri ratusan ribu warga Jawa yang datang dari seluruh pelosok Batam dan sekitarnya.

Suasana ini dimanfaatkan betul masyarakat untuk bersilaturahmi, memaafkan sekaligus berkenalan dan menambah rasa persaudaraan diantara masyarakat. Ki Lurah Punggowo, Soerya Respationo gembira melihat antusiasme masyarakat ini. Sebab, tanpa silahturahmi dan persaudaraan, mustahil suatu daerah akan maju.

“Tanpa persatuan dan kesatuan, mustahil kita dapat sama-sama membangun Batam dan provinsi Kepri yang kita cintai ini,” kata Soerya mengawali sambutannya. Kebersamaan, sambungnya lagi, juga merupakan salah satu kunci sukses apapun juga. Dengan kebersamaan, tidak ada satupun yang mustahil.

Lebih lanjut, Pria yang juga menjabat sebagai wakil gubernur Kepri ini mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan seluruh masyarakat Kepri khususnya warga Jawa kepada dirinya dan Gubernur Kepri Muhammad Sani. Namun ,sebagai manusia, pastilah lima tahun ini dirinya memiliki khilaf dan salah. “Untuk itu, Saya mohon dimaafkan,” pintanya.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri Abdul Razak mengungkapkan rasa hormatnya kepada masyarakat Jawa di Kepri. Sebab, masyarakat Jawa tetap menjunjung tinggi budaya Melayu dan menjadikannya sebagai payung budaya tanpa menghilangkan kebesaran masing-masing budaya. “Ini membuktikan bahwa budaya Melayu adalah budaya terbuka untuk budaya apa saja. Dan budaya Melayu, bisa berkolaborasi dengan masyarakat apa saja,” ungkapnya.

Meski sebagai perantau, Razak mengaku kagum dengan kekompakan masyarakat Jawa di perantauan. Terbukti, mereka berbondong-bondong datang dari seluruh pelosok Batam dan Kepri untuk menghadiri halal bihalal ini. “Saya sering mengarungi lautan, tetapi mengarungi lautan manusia baru kali ini saya rasakan, ” katanya. Terakhir, Razak mangajak masyarakat untuk sama-sama mengawal pelaksanaan Pilkada mendatang dengan aman dan tertib. “Mari kita jaga tanah Melayu ini bersama-sama,” ajaknya.

Sebelumnya, ketua Panitia Halal Bihalal Punggowo , Ir Sulistiana mengatakan bahwa Halal bihalal ini diikuti 97 paguyuban dan 34 komunitas. Sedangkan undangan, pihak panitia menyebarkan sedikitnya 90 ribu undangan kepada masyarakat.

“Namun, jumlah yang hadiri Saya prediksi lebih dari seratus ribu orang yang diukur dari jumlah kendaraan bermotor saja,” kata Sulistiana.

Selain menampilkan 32 grup kesenian kebudayaan Jawa, Panitia juga menampilkan kebudayaan dari seluruh Indonesia seperti tari Samad dari Aceh, dan tak lupa Barongsai. “Ide kami Punggowo, selain berhalal bihal, kami juga ingin memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus melestarikan budaya Indonesia,” jelasnya. Dalam halal bihalal kali ini,

Panitia menyiapkan 3 paket Umrah, 33 sepeda motor on the road, dan ratusan hadiah hiburan lainnya. Hadiah-hadiah tersebut berasal dari partisipasi keluarga Besar punggowo dan berbagai pihak. Hadir juga Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak SH, Ketua BP.Batam Mustafa Wijaya, Ketua LAM Kepri Abdul Razak, Bupati Bintan, Ansar Ahmad. Selain itu, Ketua Persatuan Lintas Agama (PELITA) se-Kepri, Didi Suryadi, tokoh PSMTI Suhendro Gautama, Tokoh Masyarakat Sri Soedarsono. (Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *