Pulau Pekajang Diklaim Provinsi Babel, Benarkah?

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 2426 kali.


DELTAKEPRI.CO.ID, LINGGA – Beredarnya informasi bahwa Pulau Pekajang akan di klaim oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel mulai santer lagi terdengar.

Hal ini diperkuat berdasarkan kunjungan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel pada Selasa (14/4/2020) kemarin, di Pulau Pekajang Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagaimana laporan yang diterima Delta Kepri, Rabu (15/4/2020) pagi, bahwa berdasarkan laporan yang telah disampaikan oleh Camat Lingga, Yulius kepada Bupati dan Wakil Bupati Lingga tertulis sebagai berikut :

1. Pada hari Selasa (14/04/2020) di Pekajang ada kedatangan tamu dari Bangka, mengaku Wakil Ketua DPRD, datang bersama istri (keluarga) menggunakan SPPD dengan tujuan silaturrahmi keluarga.

2. Nanti akan ada kunjungan lagi ( rombongan anggota DPRD) ke Pekajang.

3. SPPD sudah terlanjur ditanda tangani Kades.

4. Saya tegaskan kepada Kades Pekajang utk memperlihatkan dokumen identitas diri, termasuk identitas keanggotaan (DPRD).

5. Sejauh ini kami selaku Camat Lingga tidak pernah tau rencana kunjungan tersebut.

6. Demikian disampaikan dengan hormat untuk diketahui dan mohon arahan selanjutnya.

Dari hasil laporan tersebut, Bupati Lingga Alias Wello meminta kepada Camat Lingga untuk mempertanyakan perihal kunjungan dengan mengatasnamakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Hendra Apolo.

“Perlu ditanya maksud dan tujuan berkunjung,” tandas Bupati Lingga kepada Yulius.

Setelah mendapatkan perintah Bupati Lingga Alias Wello, Yulius kemudian menjelaskan bahwa kunjungan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel itu dalam rangka untuk silaturahmi keluarga di Pekajang.

Kemudian ia menjelaskan, bahwa Kades Pekajang telah mendengar cerita tentang kondisi Pulau Pekajang yang terisolir, sulitnya transportasi, dan kedekatan geografis dengan Bangka.

“Itu yang disampaikan Kades Pak Bup,” kata Yulius dalam laporannya tersebut, dan dirinya pun diminta Bupati Lingga untuk mencari info lebih detail karena isu Pekajang akan diklaim oleh Provinsi Babel sudah santer dibicarakan.

Sementara Camat Lingga Yulius yang dihubungi saat itu juga membenarkan bahwa laporan tersebut adalah catatan laporan yang telah disampaikan kepada Bupati Lingga. Namun terkait adanya rencana Pemerintah Babel mau mengklaim kepulauan di Desa Pekajang, dirinya mengaku belum mengetahui.

“Tapi saya yakin itu intrik politik saja, karena kita semua tau bahwa pekajang itu semenjak zaman kesultanan Lingga sampai saat ini semua pelayanan baik administratif, sosial, budaya dan keamanan itu menjadi tanggung jawab (Prov riau – Kab. Kepri) sebelum pemekaran dan setelah pemekaran tanggung jawab dan pelayanan-pelayan tersebut menjadi tanggung jawab Provinsi Kepri dan Kabupaten Lingga,” terang Yulius.

Dan mengenai tujuan kedatangan Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel ini memang dalam rangka bersilaturrahmi dengan keluarganya di Pekajang, namun Yulius menilai dalam kunjungan ada pembicaraan tersirat penggiringan opini.

“Aneh juga perjalanan dinas wakil ketua DPRD Provinsi Babel kok langsung ke desa kita? tanpa sepengetahuan pimpinan kita disini,” pungkas Yulius.


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *