Peran Aktif Kassubag, Lahirkan Kerjasama Antara Natuna dan Jepang

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 240 kali.


DELTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii merespon baik apa yang telah disampaikan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam kunjungannya, di Kantor Duta Besar RI, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019) kemarin.

Masafumi mengatakan, bahwa dirinya sudah mendapatkan informasi terkait kondisi daerah Kabupaten Natuna yang diperoleh dari beberapa stafnya yang sudah pernah berkunjung. Selain itu, ia pun berkeinginan langsung melihat sendiri kondisi daerah Natuna.

Terkait upaya peningkatan SDM bidang pariwisata maupun pertanian, seperti yang dijelaskan Bupati Natuna Hamid Rizal, dinilai sebagai strategi tepat.

Menyiapkan kedua potensi tersebut sebagai salah satu sumber pendapatan daerah di masa depan, Masafumi pun mengajukan dua opsi program yang mungkin bisa diterapkan, salah satunya melalui program magang.

Dimana, nantinya putra daerah akan dikirim magang ke perusahaan di Jepang dan akan menerima pelatihan di sana, namun hanya dapat direalisasikan dalam waktu singkat.

Opsi kedua, jika putra daerah memiliki kemampuan bahasa Jepang dan juga keterampilan tertentu, dapat juga  direkomendasikan oleh pemerintah daerah untuk dipekerjakan di Jepang dalam jangka waktu lama.

Namun untuk tahap awal, Kedubes Jepang untuk RI berencana akan merealisasikan mini program pendidikan pemandu pariwisata serta membangun jaringan untuk rencana pembangunan pesantren.

Mengingat, berdasarkan informasi yang diperoleh, bahwa di Natuna terdapat beberapa pesantren yang nantinya bisa diterapkan program pertukaran pelajar, berasal dari beberapa pesantren yang ada.

“Pertukaran pelajar tersebut dimaksudkan agar dalam penerapannya, akan diberikan pembekalan dan informasi sehingga pada gilirannya pelajar tersebut dapat ikut berkontribusi mendukung sektor pariwisata daerah,” kata Kasubbag Antar Lembaga, Rony Indra, dikutip keterangan resmi yang disampaikan Masafumi.

Rony menambahkan, Pemerintah Jepang telah sepakat bekerja sama dengan Pemda Natuna, tidak hanya di bidang perikanan dan pariwisata, mereka juga serius pengembangan di dunia pendidikan dan pertanian.

“Kami terus menggesa agar kerjasama ini segera terealisasi. Sehingga berdampak terhadap perekonomian san kesejahteraan masyarakat Natuna khususnya dan Kepri pada umumnya,” pungkas Roni.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *