Pelabuhan SBP masuk Standart keselamatan di Indonesia

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 454 kali.


Delta Kepri – Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Aprianus Hangki menyebutkan bahwa dalam waktu dekat Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) menjadi salah satu pelabuhan standar keselamatan di Indonesia.

“Nanti setiap operator harus memiliki standardisasi yang telah ditetapkan oleh kementerian perhubungan,” ucap Hangki, di kantornya, Senin (3/9) siang.

Penunjukan ini, berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 054/R.OPS/VI – 2018 tentang peningkatan pengawasan keselamatan bagi kapal – kapal angkutan laut.

Selain itu, kata Hangki musibah tenggelamnya kapal angkutan laut yang terjadi karena kelalaian keselamatan pada saat arus mudik lebaran lalu. Juga menjadi latar belakang dipilihnya Pelabuhan SBP sebagai pelabuhan percontohan yang ada di Indonesia.

“Nantinya tidak ada lagi operator kapal yang memasukkan penumpang tanpa menggunakan tiket dan akan kita awasi standar keselamatannya,” tutupnya.

Pelabuhan lain yang menjadi percontohan adalah Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Bau – Bau Sulawesi Tenggara, Pelabuhan Telehu, dan Pelabuhan Tarakan Kalimantan Utara. (Ari)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *