Paripurna Penyampaian Nota KUA-PPAS APBD-P Tanjungpinang 2017

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 416 kali.


Delta Kepri –Sekretariat DPRD Kota Tanjungpinang melaksanakan Rapat Paripurna Terbuka dengan agenda Penyampaian Pidato Pengantar Nota Kebijakan Umum APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Perubahan (KUA dan PPAS APBDP) Kota Tanjungpinang Tahun Anggaran 2017.

Pendapatan Daerah Kota Tanjungpinang bertambah sebesar Rp35,185 miliar. Sehingga kondisi awal pendapatan sebesar 906,5 miliar, menjadi 941,685 miliar pada APBD Perubahan 2017.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul saat menyampaikan pidato pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017 dlam Pripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Selasa (12/9/2017).

“Perubahan APBD Merupakan suatu kesatuan proses yang tidak terpisahkan dari rangkaian siklus anggaran. Oleh karena itu, perubahan APBD lebih merupakan penyesuaian akibat perkembangan berbagai aspek, sehingga perlu dilakukan perumusan kembali sesuai dengan perkembangan pelaksanaan anggaran daerah dalam tahun anggaran berjalan. Kebijakan-kebijakan dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2017, bobotnya lebih bersifat penyelarasan anggaran program dan kegiatan yang tercantum dalam kebijakan umum APBD 2017. Perubahan APBD dimaknai lebih kepada penyesuaian atas perkembangan pelaksanaan anggaran secara tepat guna dan tepat sasaran,” ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, peningkatan pendapatan tersebut terdiri dari peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp35,180 miliar dari semula Rp116,448 menjadi Rp151,629 miliar. Ini menunjukkan PAD Pemko Tanjungpinang meningkat 30,21 persen.

“Ini menggambarkan bahwa upaya dan kerja keras pemerintah daerah dalam meningkatkan potensi pendapatan daerah baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi pendapatan sudah mulai menunjukkan hasil yang cukup signifikan,” kata Syahrul dalam paripurna yang dihadiri 21 anggota DPRD itu.

Dia menjelaskan, jumlah PAD tersebut, terdiri dari Pendapatan Pajak Daerah bertambah Rp10 miliar dari semula sebesar Rp56 miliar menjadi Rp66 miliar.

Kemudian hasil pengelolaan kekayaan daerah mengalami penambahan Rp610 juta dari semula Rp3 miliar menjadi Rp3.610 miliar. Selanjutnya lain-lain PAD yang sah bertambah Rp25,919 miliar. Semula Rp49,996 miliar menjadi Rp75,916 miliar.

Selain itu, yang menyebabkan peningkatan Pendapatan Daerah dalam KUA PPAS Perubahan APBD 2017 adalah bertambahnya dana perimbangan juga mengalami perubaahan Rp3,459 miliar dari semula dianggarkan pada APBD 2017 sebesar Rp721,822 miliar menjadi Rp725, 282 miliar.

Meskipun Dana Alokasi Umum dan Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasil Bukan Pajak menurun, namun Dana Alokasi Umum bertambah Rp29,999 miliar dari semula Rp95,918 miliar menjadi Rp125,918 milyar.

“Perihal program yang harus menjadi prioritas adalah program lanjutan yang berkesinambungan, program mendasar yang sangat menyentuh kepentingan publik, program yang bersifat penyempurnaan dan program baru yang merupakan tindak lanjut dari capaian RPJMD Kota Tanjungpinang antara lain yaitu program pemberdayaan ekonomi lokal dan produk unggulan, program perluasan wilayah paru-paru kota, program penanggulangan banjir, penataan kawasan dan pengolahan limbah, program peningkatan pendidikan yang merata, pengembangan sarana dan prasarana kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, program penataan dan pengelolaan landscape dan revitalisasi taman Kota Tanjungpinang, serta program pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat kelurahan,” lanjutnya.

Usai menyampaikan sambutan, Syahrul menyerahkan dokuman KUA PPAS Perubahan APBD 2017 kepada Pimpinan DPRD yakni Wakil Ketua DPRD I Ade Angga didampingi Wakil Ketua II Ahmad Dani. Selanjutnya DPRD akan membahas dokumen tersebut sebelum disahkan.

“Kami menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan APBD ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dan serasi antara eksekutif dan legislatif, serta partisipasi dari berbagai komponen masyarakat dan swasta. Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya dan kami berharap dimasa mendatang kerjasama terus dapat ditingkatkan,” wakil wali kota mengakhiri.(RK/DK)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *