MENPAN-RB Akui Ada Peningkatan Kehadiran PNS

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 744 kali.


Delta Kepri – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi melakukan inspeksi ke beberapa instansi pemerintahan pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Senin (11/7).

Yuddy ingin memeriksa kesiapan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di beberapa instansi. Yuddy juga akan mendata berapa jumlah PNS yang tidak masuk pada hari pertama kerja setelah libur dan cuti bersama Lebaran.

Ada 13 instansi Pemerintah di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Karawang dan Purwakarta yang diinspeksi Menteri Yuddy.

Dari hasil inspeksi tersebut Yuddy menuturkan ada peningkatan angka kehadiran PNS dari tahun 2015, meskipun masih ditemukan beberapa PNS yang bolos dan cuti. Selain itu inspeksi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) juga bertujuan mengevaluasi tingkat kedisiplinan PNS setelah libur lebaran.

Yuddy ingin melihat sejauh mana imbauan untuk tidak bolos dan cuti setelah libur Lebaran ditaati. Menurutnya saat ini presensi kehadiran PNS cukup tinggi. Angkanya relatif jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kami akan lihat efektivitas dari imbauan untuk pegawai negeri sipil agar mementingkan kepentingan umum itu diikuti. Saya yakin produktivitas dan kedisiplinan PNS sekarang lebih baik,” ujar Yuddy, Senin (11/7/2016).

Yuddy menargetkan pada tahun 2019 nanti tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik akan jauh lebih baik. Setiap instansi Pemerintah didorong untuk berkompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Menurutnya saat ini Kemenpan RB fokus dalam melakukan perbaikan pelayanan publik di 57 kota.

“Mereka diminta saling menduplikasi sistem pelayananan yang dianggap baik. Kami akan buat role model. Sehingga nanti 2019 tata kelola pemerintahan dan pelaynan publik akan jauh lebih baik sepertindi Kantor Imigrasi dan Puskesmas,” ungkapnya.

Sumber : Kompas.com




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *