Mantap! Samsat Batam Dapat Penghargaan Pelayanan Terbaik

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 179 kali.


 

Kepala UPT Samsat Batam Vira Jiansa Respaty

Delta Kepri – Samsat UPT Batam, Provinsi Kepri sukses mendapatkan penghargaan pelayanan terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia di Hotel Aston belum lama ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala UPT Samsat Batam, Vira Jiansa Respaty. Ia mengatakan keberhasilan merupakan semangat kerjasamanya bersama tim.

“Penghargaan diberikan kepada UPT Samsat Batam, piagam penghargaan ini juga sebagai Role Model penyelenggara pelayanan publik untuk Katagori terbaik di tahun 2019,” kata putri pertama Soerya Respationo ini, di ruang kerjanya, Jumat (8/11) sore tadi.

Vira juga menjelaskan penghargaan diberikan Kemenpan-RB dan dihadiri langsung oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

“Sebelumnya memang ada tim dari Kemenpan-RB, datang kesini untuk memberikan penilaian yang mencakup beberapa Indikator penilaian, “jelasnya.

Selain itu, lanjut Vira, penilaian penghargaan dimulai dari kebijakan pelayanan, Kedua profesionalisme SDM, ketiga sarana dan prasarana, keempat Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), kelima Konsultasi dan pengaduan dan Keenam terkait Inovasi.

“Alhamdulillah dari enam Indikator ini sudah mendapatkan penilaian baik dari Regional I UPT Samsat Batam Center, ” ungkapnya.

Menurut Vira, sebelumnya Samsat Tanjungpinang tahun 2018 juga pernah mendapatkan nilai C, akan tetapi pada tahun ini Samsat Batam mendapatkan peringkat nilai B khusus untuk UPT Batam Center.

“Dari tahun ke tahun kota giat – giat berikan pelayanan lebih baik lagi ke masyarakat, Alhamdulillah dari tahun ke tahun pelayanan Kita lebih meningkat juga dan kita juga ingin menjadi yang terbaik lagi,” ujarnya.

Kedepannya, pihaknya akan memberikan inovasi – Inovasi terkait perkembangan teknologi saat ini, untuk menambahkan titik – titik pelayanan lagi dan memberikan kemudahan ke masyarakat dalam pelayanan.

Samsat juga menyediakan Samsat Corner yakni di Harbour Bay, DC Mall, Kepri Mall dan BCS Mall. Alasan Samsat menyediakan Samsat Corner di Mall, dikarenakan memudahkan masyarakat untuk membayar pajak sekaligus bisa berbelanja di Mall.

“Samsat pusat di Batam Center, kami juga ada Drive Thru, Drive Thru merupakan inovasi untuk mas bayar pajak tidak harus turun dari motor dan mobil dan ada lagi pelayanan kami di Mall Pelayanan Publik, kami juga ada Bis Samsat keliling, juga mobil Samsat keliling, kami juga ada Samsat bergerak,” tambahnya.

Sementara itu, Vira juga mengungkapkan bahwa Samsat keliling  setiap bulannya memiliki jadwal yang diumumkan lewat media.

“Disini tim kami bersama pihak kepolisian, Jasa Raharja dan bank akan turun kepasar, ke Kantor Camat dan kami membawa meja, kursi dan Laptop kami buka disitu,” tutup Vira. (MK/DK)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *