Lantamal IV Tanjungpinang Berhasil Menangkap Kapal Tangker Bermuatan Solar 900 KL

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 1672 kali.


Delta Kepri – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang berhasil menangkap Motor Tanker (MT) Vier Harmoni yang dicuri beberapa waktu lalu.

Komandan Lantamal IV Tanjung Laksamana Pertama TNI S Irawan menjelaskan Penangkapan ini berdasarkan laporan dari PT Vierlines, Rabu (17/8) lalu. Yang mana, PT Vierlines telah membuat laporan dilarikannya kapal Tangker yang memuat 900 KL solar oleh Nahkoda Kapal.

Penangkapan ini dilakukan oleh Tim Western Fleet Quick Respons (WFQR) dan dipimpin langsung oleh Komandan KRI (Kapal Republik Indonesia) Letkol Laut (P) Erwin Baharudin di perairan Pulau Dato, Kalimantan Barat, Kamis (24/8) kemarin.

“Tim WFQR-4 serta KRI Teluk Gilimanuk- 531 dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Erwin Baharudin berhasil menangkap MT Vier Harmoni sedang berlayar di perairan pulau Dato, Kalimantan Barat,” Jelas Laksamana Pertama S Irawan dalam Konferensi Persnya, Kamis (25/8).

Irawan menerangkan, Kejadian ini dilatar belakangi oleh adanya konflik internal perusahaan Ozoil SDN BHD Malaysia selaku pihak penyewa kapal.

“Dari pengakuan ABK kapal, pihak penyewa kapal tidak membayarkan gaji crew kapal MT. Vier Harmoni selama 3 bulan,” Ucapnya.

Dikatakannya, atas kasus tersebut, tersangka akan disangkakan melanggar Undang – Undang (UU) Pelayaran, tentang dokumen dokumen kapal, dan Deliver Order Minyak.

“Kami masih melakukan pendalaman, dan pengejaran terhadap pihak ke 3 yang bermain disini. Termasuk nama – namanya juga sudah kita kantongi,” Katanya. (Ari)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *