Foto: Hms

Lantai 5 Dan 6 RSUP Kepri Diresmikan

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 716 kali.


Delta Kepri – Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana meresmikan ruang perawatan lantai 5 dan 6 Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kepri KM 8 atas Tanjungpinang sebagai bentuk peningkatan kapasitas pelayanan rumah sakit, Senin (30/11/2015).

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Kepri Agung Mulyana mengatakan Pembangunan dibidang kesehatan adalah hal yang wajib didukung oleh Pemerintah Daerah melalui alokasi anggaran, baik dari APBD maupun APBN.

“Selama saya menjadi Pj. Gubernur di Kepri sudah dua kali meresmikan proyek dibidang kesehatan, Pertama di Batam Rumah Sakit Swasta Elisabeth dan kedua sekarang peresmian kapasitas pelayanan RSUP milik Pemerintah. Artinya apa, dukungan pemerintah itu dibidang kesehatan tidak hanya untuk rumah sakit pemerintah, tetapi juga untuk rumah sakit swasta,” kata Agung.

Secara global, Agung meminta agar seluruh rumah sakit dan tenaga medis termasuk dokter segera meningkatkan kualitas dan kapasitas, kompetensi serta profesionalitas. Hal ini berkaitan dengan persaingan regional dan global serta menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Kaitannya apa?. Bahwa di era MEA itu dokter dari negara lain bisa praktek di Indonesia dengan syarat dan ketentuan tertentu. Jika dokter-dokter muda kita tidak segera menyiapkan diri, takutnya para dokter dari negara-negara Asean akan menguasai,” kata Agung.

Tidak hanya dokter, begitu juga rumah sakit diminta untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan dan bisa bersaing dengan investor rumah sakit yang tentu akan menawarkan pelayanan yang baik.

Sementara itu Pimpinan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUP Kepri Muchtar Luthfi Munawar dalam laporannya mengatakan jika selama ini RSUP cuma memiliki 73 kamar tidur rawat inap, dengan diresmikannya lantai 5 dan 6 maka total tempat tidur untuk rawat inap menjadi 207 unit.

Adapun lantai 5 dan lantai 6 yang diresmikan oleh Gubernur Kepri ini terdiri dari ruang bedah, ruang kebidanan dan ruang rawat inap kelas III, II dan I.

“Kami bersyukur hari ini RSUP ini telah melakukan penambahan kapasitas. Dengan ini setidaknya kamar operasi di RSUP Kepri bertambah 6 ruangan baru, meskipun untuk sementara baru 4 kamar yg beroperasi, karena baru itu yang lengkap alatnya.

Menurut Muchtar, ini semua tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Daerah dan Pemerintah pusat yang secara konsisten mensupport dana guna peningkatan pelayanan.

“Dengan ini kami berharap pelayanan terhadap pasien bisa semakin baik. Apalagi slama ini masyarakat memang sering mengeluh soal keterbatasan ruang inap dan sebagainya. Maka kami harap ini bisa menjadi salah satu solusi,” katanya. (Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *