Komisi II DPRD Kepri Kunker ke Keramba Penaga

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 331 kali.


Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Tawarich, B.Sc, Asmin Patros, SH, M.Hum, dan Rudy Chua, SE, melakukan peninjauan ke keramba aktif dan pasif Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kepri, di Desa Penage,Kabupaten Bintan (26/2/18).

Keramba yang berada di Desa Penage Kabupaten Bintan tersebut memiliki hampir 16 lobang kerambah modern yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi melalui dana DAK.

Tidak hanya keramba modern saja, namun di Desa Penage ini juga terdapat keramba tradisional yang diperkirakan berjumlah 10 lobang dan merupakan bantuan dan kerjasama antara Pemerintah Provinsi dan Kelompok Nelayan.

Bantuan ini diberikan kepada kelompok nelayan Desa Penaga Kabupaten Bintan yang terdiri dari 5 orang, namun keramba yang berada di wilayah ini tidak semuanya aktif atau berisi penakaran ikan, hanya ada sekitar 12 lobang baik kerambah yang pasif.

Pemerintah mengutarakan bahwa hal tersebut disebabkan karena setelah selang beberapa bulan dan memasuki usia panen, kelompok nelayan tersebut menjual ikan biaknya dan hasilnya tidak dibelikan bibit lagi.

Meraka menunggu bantuan dari pihak pemerintah untuk memberikan bantuan bibit lagi, sehingga keramba yang sudah ada menjadi pasif.

Pemerintah menghimbau agar seharusnya hasil dari panen tersebut sebagian diputar kembali untuk membeli bibit dan pangan sehingga bantuan dari kerambah yang diberikan dapat maksimal dirasakan.

Adapun penangkaran yang berada disini terdiri dari ikan bawal bintang, udang galah, ketam, gonggong dan kerapu.(dk/hms)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *