Kasau tinjau lahan Lanud di Batam

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 538 kali.


Delta Kepri – Untuk menjaga stabilitas keamanan negara serta menudukung perekonomian di wilayah Batam, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meninjau lahan Pangkalan Udara (Lanud) di Batam Rabu, (26/09).

Upaya pembangunan Lanud tersebut merupakan bagian dari upaya menjaga stabilas keamanan negara serta menudukung perekonomian di wilayah Batam dan sekitarnya.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. saat pertemuan dengan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyampakian bahwa rencana pembangunan tersebut sudah dicetuskan sebelumnya dan sudah memiliki aturan pendukungnya.

“Konsepnya adalah bukan dengan menempatkan satuan permanen seperti Skadron udara, namun hanya akan menempatkan alutsista sesuai dengan kotijensi dan keperluan, sehingga alutsista yang ditempatkan bersifat sementara,” ujar Kasau.

“Maka dari itu, kita lakukan diskusi dengan BP Batam, supaya kami dapat diberikan tempat di sini agar nantinya operasional penerbangan militer tidak mengganggu aktivitas penerbangan sipil di Bandara Hang Nadim,” sambung Kasau.

Kasau menjelaskan lahan yang diperlukan di kawasan Bandara Hang Nadim adalah lahan membangun shelter pesawat militer, apron, serta ruangan untuk crew, teknisi, maupun kantor operasional.

“Sedangkan untuk Kantor Lanud akan ditempatkan di wilayah lain sesuai dengan lahan yang telah diberikan, sehingga dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan sipil,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo dimana pertemuan tersebut menyampaikan hasil pertemuan akan disampaikan lebih lanjut kepada Dewan Kawasan yang diketuai Menko Bidang perekonomian sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan selanjutnya.

“Kami memahami bahwa pembangunan ekonomi di wilayah Kepulauan Riau harus didukung oleh faktor keamanan. Itu yang terpenting, sehingga pada prinsipnya kami sangat mendukung rencana pembangunan yang akan dilaksanakan TNI AU di Batam,” sambut Kepala BP Batam.

Pada kesempatan tersebut, Kasau didampingi Asrena Kasau, Asops Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, Kadispenau, Kadiskumau, dan Kadisfaskonau. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *