Indeks Kepercayaan terhadap Polri semakin baik

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 437 kali.


Delta Kepri – Wakapolda Kepri Brigjend Yan Fitri Halimansyah menyampaikan hasil Video Conference dengan Kapolri Tito Karnavian tentang Survey Indeks Kepercayaan terhadap Institusi Polri dan kegiatan Millenial Road Safety Festival. Kamis, (7/2) di ruang kerjanya.

Dalam penyampaiannya itu, Wakapolda Kepri mengatakan hasil riset Markplus Insight yang dipimpin oleh Prof, Dr. Hermawan Kertajaya, didapati dari beberapa lembaga Survei terkait Indeks kepercayaan terhadap Institusi Polri menunjukkan hasil yang semakin baik.

Beberapa lembaga survey indeks kepuasan dan kepercayaan terhadap Polri tersebut diantaranya,

1. Survei Alvara pada bulan Mei 2018 Indeks Kepuasan (%) publik terhadap Polri 78,8% meningkat 1,6% dari Februari 2018, dan menempati posisi ke-3 Terbaik

2. Survei Litbang Kompas pada bulan Juni 2018 Indeks Kepercayaan Publik terhadap Polri mencapai 82,9% Merupakan Indeks kepercayaan tertinggi sejak era Reformasi

3. Survey LSI pada bulan Juli 2018 *Indeks Kepercayaan Publik terhadap Polri 87,8% menempati posisi ke-3 Terbaik

4. Survei The Gallup Pada tahun 2018 Indonesia berada posisi ke-9 Negara Teraman dari 142 Negara yang di survey, menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri terkait rasa aman dari gangguan kejahatan di Indonesia.

Hal ini juga menjadi Indeks Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Polda Kepulauan Riau, dengan Jumlah Penduduk sebanyak 789,853 dan Indeks Kepuasan 82,05 % serta Indeks Kepercayaan 88,44%.

“Artinya dari pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Polda Kepri selama ini ada upaya yang meningkat baik dijajaran Polres-polres sampai dengan Polsek-polsek maupun yang dilakukan oleh Polda sendiri, pelayanan publik ini erat hubungan nya dengan fasilitas maupun keterpercayaannya, kecepatan nya, kepuasannya, respon personil polri yang dilapangan, kemudian respon pimpinan juga mendapatkan perhatiannya sendiri,” kata Wakapolda Kepri.

Selain itu, Polda Kepri juga mendapatkan posisi ini tidak lepas dari dukungan peran para awak media yang sangat besar mempublikasi kinerja dan kegiatan.

Untuk kedepannya, sambung Wakapolda Kepri, Polda Kepri akan terus berusaha meningkatkan kembali untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi.

Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian, terdapat 21 Polres yang masuk ke dalam Klasifikasi Kota kecil yang memiliki Indeks Kepuasan diatas 76,46%, untuk Polres Lingga dengan indeks kepuasan sebesar 95,14%. Dan berikutnya Polres Kepulauan Anambas dengan Indeks Kepuasan sebesar 84,10%. Dan Polres Natuna dengan Indeks Kepuasan 82,98%.

Sedangkan untuk Klasifikasi Kota kecil yang memiliki Indeks Kepercayaan diatas 80,37%, untuk Polres Lingga dengan Indeks Kepercayaan 98,33%,
Polres Kepulauan Anambas dengan Indeks Kepercayaan sebesar 95,00% dan *Polres Natuna sebesar 86,67%.

Dari 268 Polres yang dilakukan Survey oleh Markplus Insight untuk Polres Klasifikasi Kota Sedang yang memiliki Indeks Kepuasan diatas 76,46%, Polres Tanjungpinang dengan Indeks Kepuasan sebesar 86,12% disusul dengan Polres Bintan sebesar 80,28%
Dan untuk Klasifikasi Kota Sedang yang memiliki Indeks Kepercayaan diatas 80,37%, Polres Tanjungpinang dengan Indeks Kepercayaan sebesar 93,33% dan Polres Bintan sebesar 88,33%.

Kemudian klasifikasi Polres/ta yang berada di Fasilitas Umum dengan tingkat Indeks kepuasan diatas 76,46%, Polresta Barelang Indeks Kepuasan sebesar 75,20%.

Sedangkan untuk Indeks Kepercayaan di atas 80,37%, Polresta Barelang berhasil memperoleh Indeks Kepercayaan sebesar 83,33%.

Disamping itu, Wakapolda Kepri juga mengemukakan bahwa kegiatan Millenial Road Safety Festival Polda Kepri yang akan dilaksanakan serentak sejajaran Polda Kepri pada tanggal 24 Februari 2019 nanti, juga tidak kalah penting dan diharapkan dapat menjadi sebuah momentum yang baik dan menghibur untuk masyarakat Kepri.

Karena, katanya, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polres yang ada di Polda Kepri, bersamaan dengan waktu yang sama nanti akan diadakan Video Conference di lapangan terbuka.

“Nanti akan diadakan juga kegiatan tambahan berupa event kegiatan Terjun Payung dengan membawa bendera generasi Millenial, Bendera Polda Kepri dan Bendera Merah Putih yang akan dibawakan oleh penerjun dengan usia yang millenial juga dari ketinggian lebih kurang 5000 feat, dan diharapkan dapat mendarat di tribun utama Kegiatan, minimal dilapangan Alun-Alun Engku Putri,” ucapnya.

Wakapolda Kepri juga berharap dari seluruh kegiatan ini, generasi millennial agar dapat terhindari dari kecelakaan lalu lintas. Dan ini merupakan tugas dan kewajiban bersama untuk mengingatkan kepada generasi muda.

Sumber: Humas Polda Kepri




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *