Harapan BPAD Kepri Kepada Pemegang Arsip Sejarah Kuno

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 50265 kali.


Delta Kepri – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Kepulauan Riau berharap, masyarakat Kepulauan Riau yang memiliki Arsip atau hal yang sifatnya bersejarah tentang Kepulauan Riau. Hendaknya, dengan kebesaran hati, dapat mengarsipkan pada Perpustakaan daerah Provinsi Kepri, Rabu (22/6).

“Ya kalau ada yang memiliki naskah atau buku yang mengandung sejarah Kepulauan Riau, kita harapkan dapat memberikan ke pihak perpustakaan. Jika tidak pun, kita minta salinan saja. Lalu kita jadikan bagian dari arsip daerah,” ujar Kepala BPAD Provinsi Kepulauan Riau, Amir Husin, saat ditemui di kantornya, dini hari tadi.

Menurut Amir Husin, selama ini, untuk salinan yang sifatnya naskah kuno, merupakan hal penting bagi masyarakat Kepri. Pasalnya, cukup banyak masyarakat Kepri yang ingin mengetahui sejarah Kepri pada zaman dahulu.

“Tentu ini sangat penting, dimana masyarakat luas ingin tahu bagaimana keadaan Kepulauan Riau dahulu. Ya pastinya, harus diketahui terlebih dulu dari naskah maupun buku sejarah, yang telah diuji dan dipastikan keasliannya,” terangnya.

Selain itu, Amir Husin juga menghargai jasa masyarakat yang mau membangkitkan pengetahuan kepri. Dengan cara membantu memberikan kontribusi, melalui temuan naskah asli maupun salinan.

Masih menurutnya, Mengenai penyalinan keaslian naskah kuno yang akan diserahkan. Pihak BPAD juga, akan berusaha membantu mengecek keaslian dan kualitas dari naskah itu. Sebab, BPAD Kepri mengaku, saat ini telah memiliki perlengkapan alat-alat pengecekan naskah kuno.

“Kita pastinya memberikan peghargaan bagi yang ingin berkontribusi dengan cara menyerahkan naskah asli maupun salinan. Dan untuk penyalinannya sendiri, tentunya dari pihak kita, kita sudah lengkap alatnya, sehingga tidak ada masalah bagi kita nantinya,” tutup Amir Husin. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *