Hadirkan 20 Aparatur Desa, Sekda Buka Latihan Fasilitasi Sinkronisasi RPJMDes dan RKPDes

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 243 kali.


Delta Kepri –Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos. M.Si, membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Fasilitasi dan Sinkronisasi Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa dengan RPJMD Kabupaten Natuna. Kegiatan berlangsung di Aula Asrama Haji, Kompleks Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu 06 November 2019 pagi.

Dalam sambutannya Sekda Natuna, Wan Siswandi menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah di tingkat desa, yang melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif.

Wan Siswandi berharap kepada seluruh peserta kegiatan, supaya dapat melakukan sinkronisasi program kerja pembangunan secara lebih mendasar, sehingga Pemerintah Desa bisa mengurus dan mengatur sesuai kewenangan desa.

Sementara itu, Sri Riawati, sebagai ketua panitia dalam laporannya menyebutkan, bahwa tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk memfasilitasi, terutama bagi para Aparatur Pemerintahan Desa, dalam menghimpun dokumen perencanaan desa, sesuai RPJMDes dan RKPDes.

Sri Riawati menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut menyasar kepada 70 desa yang ada diseluruh Kabupaten Natuna, terutama bagi 33 desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 November 2019 mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 6-7 November 2019 itu, diikuti oleh 20 orang Aparatur Desa sebagai peserta, yang telah tergabung dalam Tim Himpunan RPJMDes dan RKPDes.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Balai PMD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Drs. Rihartoyo, M.Si. Hadir dalam kesempatan tersebut, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Camat dan Pendamping Desa se-Kabupaten Natuna.(**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *