Gubernur Ikut Memeriahkan Hari Raya Nyepi Darma Santi

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 651 kali.


Batam – Gubernur Kepri Muhammad Sani menghadiri puncak acara Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937 yang ditandai dengan festifal Darma Santi. Bertempat di Hotel Planet Holiday puncak acara berlangsung hikmat karena dihadiri umat Hindu yang ada di Kepri, Sabtu (25/4/2015).
Adapun Gubernur Kepri dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelaksanaan festifal Darma Santi Hari Raya Nyepi. Peringatan keagaman harus bisa membekas, tidak sekedar seremonial semata. Masyatakat Bali di Kepri umumnya dan Batam kususnya, selalu ikut serta dalam proses pembangunan di Kepri. Utamanya, dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang aman.

Masih kata Muhammad Sani banyak hal kedepan, yang harus kita siapkan. Utamanya dalam menghadapi tantangan globalisasi.
Khusus untuk ini, adalah tantangan bagi generasi muda. Karena setiap pemuda di Kepri untuk siap menghadapinya. Berangkat dari momen Darma Santi, saya berharap agar perayaan ini bisa semakin membuat kita lebih religius dalam mensucikan diri kita, pinta Muhammad Sani. Gubernur selanjutnya menerima plakat dari Ketua Parisada Hindu Darma Kepri yang diserahkan Anom Sudibyo. Untuk selanjutnya sumbangan sebuah lagu Kucari Jalan Terbaik dipersembahkan Muhammad Sani.
Sementara itu, nyepi berarti menyucikan diri yang diawali terlebih dahulu dengan upacara melasti yakni menyucikan diri sebelum menyambut datangnya hari nyepi itu sendiri. Yang sejatinya bermakna untuk mematikan hawa nafsu. Adapun dalam praktek pelaksanannya, mematikan lampu, api dan berbagai aktifitas keramaian, jelas Ketua Parisada Hindu Darma Kepri Anom Sudibyo. Pelaksanaan Darma Santi tahun ini sendiri mengambil tema “Penyucian Diri dan Alam Semesta Menuju Peningkatan Kualitas Kerja”.(Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *